Posko Covid Diklat dan Masyarakat Biak Terima Bantuan Masker Dari Yan Mandenas

Koordinator Penyalur Bantuan Yan Mandenas, Ali Fidmatan saat menyerahkan 600 pieces masker kepada petugas Posko Covid Diklat BPSDM, Kotaraja, Senin (22/06/2020)

 

JAYAPURA (PB.COM)Di hari kedua aksi sosial dari  anggota DPR RI Daerah Pemilihan Papua, Yan P. Mandenas, S.Sos. M.Si, sebanyak 1.200 pieces masker dibagikan di dua lokasi berbeda. Pertama kepada Posko Covid Diklat BPSDM Kotaraja, Jayapura yang sedang menampung sekitar 70-an warga yang hasil Rapid Test-nya reaktif. Sementara warga sasaran kedua yang menerima bantuan ini ialah masyarakat Biak yang merupakan pelaku perjalanan yang siap berangkat menuju Biak.

“Kami berterima kasih kepada Bapak Yan Mandenas yang sudah membantu masker bagi Posko Covid Diklat. Posko ini adalah milik Dinas Kesehatan Papua, tetapi secara teknis, dilayani oleh Kesdam XVII/Cenderawasih, Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) serta petugas medis dari FK Uncen,” kata pejabat dari Dinas Kesehatan Papua selaku penanggung jawab Posko BPSDM, Darwin Rumbiak, S.Kep, Senin (22/06/2020) kepada papuabangkit.com melalui telepon selulernya.

Menurut Darwin, dalam masa pandemi Covid seperti ini, kepedulian  Yan Mandenas sebagai salah seorang putra asli Papua yang sukses di dunia politik menjadi teladan bagi putri-putri Papua lain untuk berbuat sesuatu, walaupun hal itu kecil tapi memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat.

“Masker ini sangat membantu para petugas yang melayani para warga yang dikarantina di Diklat BPSDM ini. Juga rencananya akan kita bagikan kepada mereka yang pulang ke rumah, ketika sudah mengetahui hasil swab-nya negatif. Sebagai anak dari guru jemaat, Pak Yan Mandenas sudah menunjukkan teladan untuk berbuat kasih,” kata Darwin.

Ia berharap, jika ada waktu, Yan Mandenas juga bisa turun langsung meninjau pelayanan penanganan wabah Covid-19 di Provinsi Papua, terutama di Posko Diklat BPSDM Kotaraja, sebagaimana telah dilakukan staf khusus Presiden dan utusan BNPB dari Jakarta beberapa waktu lalu.

“Masker ini sangat berarti bagi kami petugas yang setiap hari bekerja melayani para warga yang dikarantina, yang kami panggil dengan Kawan Sehat. Kami harus jaga diri karena berdasarkan pengalaman, gelombang pertama ada banyak dari antara mereka juga hasilnya positif Covid. Sekali lagi terima kasih Pak Yan Mandenas atas bantuan maskernya,” kata Marcus Simaela dari UP2KP.

Sementara itu Koordinator Penyalur Bantuan Yan Mandenas, Ali Fidmatan mengatakan, selain di Posko Diklat BPSDM, sebanyak 600 pieces masker dibagikan juga kepada masyarakat Biak di Pelabuhan Jayapura yang hendak balik ke kampung halaman mereka dengan kapal laut.

Masyarakat Biak yang hendak pulang kempung saat menerima masker bantuan dari Anggota DPR RI Yan P. Mandenas di Pelabuhan Jayapura, Senin (22/06/2020).

“Mereka sangat berterima kasih kepada Pak Yan Mandenas, salah seorang anak mereka yang sukses di kancah politik. Mereka berharap kepedulian Pak Yan terhadap Papua juga terus dilakukan melalui tugasnya di DPR RI untuk mengawal kepentingan pembangunan Papua, khususnya Biak di Senayan,” kata Ali.

Wabah Covid-19 yang terjadi di Papua masih saja terus meningkat jumlahnya. Berdasarkan data Satgas Covid Papua, per 21 Juni 2020, jumlah warga di Provinsi Papua yang terinfeksi Covid-19 ialah sebanyak 1.456 orang, dimana 806 pasien sedang dalam perawatan (55 %), 634 orang dinyatakan sembuh (44 %), dan 16 orang meninggal dunia.. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *