Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak, SH.M.Si, Rabu (30/06/2021) menyerahkan uang bantuan kepada Pdt. Dick Kronema di kediamannya di Kawasan Pos 7 Sentani Kabupaten Jayapura.

 

JAYAPURA (PB.COM)—Penginjilan di Papua terus dilakukan dengan berbagai cara agar orang-orang Papua bisa menerima Firman Tuhan. Oleh karena itu, beberapa misionaris telah menerjemahkan isi Alkitab ke dalam bahasa daerah setempat.

Salah satunya, Misionaris asal Belanda, Pdt. Dick Kroneman yang sedang menerjemahkan Alkitab ke dalam Bahasa Una Langda. Bahasa ini dipakai oleh masyarakat di Kabupaten Yahukimo yang berada di perbatasan dengan Kabupaten Pegunungan Bintang.

Tergerak oleh pekerjaan Tuhan yang dirintis misionaris ini, Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak, SH.M.Si, Rabu (30/06/2021) mengunjungi Pdt. Dick Kronema di kediamannya di Kawasan Pos 7 Sentani Kabupaten Jayapura.

Selain berdialog dengan Pdt. Dick Kroneman bersama istrinya dalam suasana keakraban, Bupati Ricky Ham Pagawak pada kesempatan itu juga memberikan bantuan senilai Rp 100 juta. Bantuan ini diberikan guna mendukung proses terjemahan Alkitab dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Una Langda dan biaya cetakan 1.000 Alkitab.

Bupati RHP berdialog penuh keakrabab dengan Pdt. Dick Kronema dian istrinya.

Bupati Ricky Ham Pagawak mengatakan, misonaris dulu sangat berjasa membawa Injil ke daerah Pegunungan Tengah Papua. Dan oleh karena Injil yang diterima orang tuanya, maka hasil dari itu, dirinya menjadi bupati hari ini.

“Jadi ini merupakan kewajiban saya untuk melihat pekerjaan Tuhan. Salah satunya mendukung proses terjemahan Alkitab ke dalam Bahasa Una Langda,” kata bupati yang akrab disapa RHP iini.

Menurut RHP, dengan diterjemahkannya Alkitab ke dalam bahasa Una Langda, maka masyarakat bisa memahami Firman Tuhan lewat membaca Alkitab dalam bahasa mereka sendiri.

“Kami juga memberikan bantuan yang sama bagi Pdt. Paul Eltrithon yang menterjemahkan Alkitab dalam bahasa Gem. Bahasa Gem sendiri merupakan bahasa sehari suku Kobakma di ibu kota Kabupaten Mamberamo Tengah,” tambah Ricky.

Pdt. Dick Kronema atas nama Gereja GJRP dan tim penulis atau penerjemah Alkitab ke dalam Bahasa Una Langda menyampaikan terima kasih kepada Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak atas support dan dukungan dana.

Menurutnya, bantuan dana yang diberikan ini akan digunakan untuk membiayai 1.000 buah cetakan Alkitab Bahasa Una Langda yang rencananya akan dicetak oleh Lembaga Alkitab Indonesia.

”Sesuai rencana Alkitab terjemahan Bahasa Una Langda akan dicetak pada Januari 2022. Dari jumlah itu, akan dicetak juga Alkitab yang sedikit lebih besar dari biasanya. Alkitab ini akan dipakai para pendeta saat memimpin ibadah nantinya,” ujar Dick.

Pdt. Dick Kroneman mengaku bersyukur sebab lewat proses yang panjang, akhirnya terjemahan Alkitab dalam Bahasa Una Langda ini bisa selesai, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Proses pengerjaan terjemahan Alkitab ke dalam Bahasa Una Langda memang memakan yang panjang. Proses itu dimulai sejak tahun 1992 yang melibatkan tim dan juga masyarakat setempat.

“Kami ingin membantu masyarakat agar bisa membaca dan mengenal Alkitab dalam bahasa mereka sendiri,” kata Dick. (Gusty Masan Raya/FRM)

Facebook Comments Box