Wakil Ketua I DPD Partai Demkrat Provinsi Papua Ricky Ham Pagawak, SH.M.Si menyerahkan bantuan berupa uang tunai senilai Rp 500 juta dan 100 sak semen bagi pembangunan honai masyarakat nusantara di Nabire, Jumat (02/07/2021)

 

NABIRE (PB.COM)Wakil Ketua I DPD Partai Demkrat Provinsi Papua Ricky Ham Pagawak, SH.M.Si mengatakan pihaknya mendukung penuh pembangunan rumah adat atau honai masyarakat Nusantara Mee Pago di Kabupaten Nabire, Jumat (02/07/2021). Dukungan itu ditandai dengan kehadiran dirinya dan elit Demokrat Papua untuk menyerahkan bantuan berupa uang tunai senilai Rp 500 juta dan 100 sak semen oleh Ricky dalam rangka HUT Partai Demokrat yang yang jatuh pada 9 September mendatang

Hadir mendampingi Ricky dalam kegiatan ini, Sekretaris Dewan Pertimbangan Carolus Bolly, SE.MM, Ketua Fraksi Demokrat di DPR Papua, Mustakim dan anggota Thomas Sondegau, serta sejumlah pengurus dan kader Demokrat Papua.

Bantuan diterima oleh sejumlah kepala suku masyarakat nusantara di Nabire di antaranya Ayub Wenda, Kepala Suku Meepago Ferry Youw, Ketua Dewan Adat Nabire Herman Sayori, kepala Suku Moni di Nabire dan sejumlah tokoh adat, gereja, pemuda dan perempuan.

Wakil Ketua I DPD Partai Demokrat Papua yang akrab disapa RHP usai penyerahan bantuan mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan instruksi Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono untuk selalu dekat dan berkoalisi dengan rakyat. Sumber bantuan itu adalah sumbangan dari para kader utama Demokrat Papua, di antaraya para bupati dan fraksi Demokrat di legislatif.

“Jadi pada tanggal 9 April 2021 lalu, kami pernah hadir di sini guna memberi bantuan bagi masyarakat yang mengungsi dari Intan Jaya ke Nabire ini. Saat itu, kami diundang kepala suku nusantara dan sejumlah tokoh adat untuk melihat honai mereka. Dan hari itu mereka menyerahkan proposal permohonan bantuan. Nah Hari ini dalam rangka HUT Partai Demokrat yang ke 20, Demokrat Papua mulai berbagi kasih dimulai dari wilayah Meepago di kabupaten Nabire. Dari sini kami akan terus memberikan bantuan di seluruh tanah Papua,” jelas RHP.

enurut Bupati Mamberamo Tengah ini, di Papua ini ada tiga elemen penting yang harus berjalan bersama-sama yakni adat, pemerintah dan gereja. Oleh karena itu, Partai Demokrat Papua ingin hadir membangun kemitraan dengan masyarakat adat Nusantara di Nabire.

“Kami sebagai kader Demokrat di pemerintahan, maka para bupati kader Demokrat meski sudah membangun daerah masing-masing, tetapi kami juga melihat adat itu penting. Tanpa mereka, kami tidak bisa menjadi pemimpin. Seperti contoh ketua DPD Kami pak Gubenur Lukas Enembe, saya sendiri dan para bupati lainnya. Kehadiran kami di honai Nusantara Nabire ini, meski mungkin lokasinya relative tersembunyi di kota Nabire, tetapi kehadiran kami ini ingin menunjukan bahwa kantor adat ini penting dan bentuk penghargaan pada adat,” ujar RHP.

Tak Ada Kaitan Pilkada Nabire

Wakil Ketua I DPD Partai Demokrat Papua, Ricky Ham Pagawak juga menampik jika ada pihak yang menyebut penyerahan bantuan kasih itu dengan kerja politik kaitannya dengan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Nabire yang akan digelar pada akhir bulan Februari.

“Saya mau jelaskan, kami Demokrat Papua menerima permohonan dari pihak Honai adat nusantara pada tanggal 9 april dan saat itu Pilkada Nabire masih proses di MK. Ini agenda kami hadir dalam rangka HUT PD ke-20 sehingga kami menyerahkan bantuan di sini. Besok atau hari Minggu kami juga akan memberikan bantuan pada sekitar 10-12 gereja di Nabire yang merupakan pusat wilayah adat Meepago,” tegas RHP.

Sementara itu Sekretaris Dewan Pertimbangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demorat, Carolus Bolly, SE.MM memberi apresiasi atas aksi berbagi kasih yang dibuat pengurus DPD PD Papua itu.

“Saya atas nama Ketua Majelis Tinggi Partai, bapak SBY, Ketua Umum Partai Demokrat AHY dan seluruh jajaran DPP memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Wakil Ketua I DPD PD Papua, RHP, yang hari ini datang ke Nabire menyerahkan bantuan atas nama seluruh kader-kader utama DPD PD Papua. Di antaranya para bpati dan wakil bupati se-Papua guna pembangunan rumah adat atau honai Nusantara di Kabupaten Nabire,” ujar Carolus.

Menurut Carolus, kehadiran Demokrat ini sejalan dengan harapan Ketum AHY kepada semua kadernya di Indonesia untuk menjalankan Demokrat Peduli dan Berbagi.

Sementara Kepala Suku Masyarakat Nusantara di NAbire, Ayub Wenda, didampingi Kepala Suku Meepago, Ferry Youw, ketua Dewan Adat Nabire, Herman Sayori, kepala Suku Moni di Nabire dan sejumlah tokoh adat, gereja, pemuda dan perempuan, mengapresiasi sikap DPD Demokrat Papua yang telah hadir berbagi kasih.

“Ini adalah bentuk pemimpin yang tahu dan menghargai adat. Hanya Partai Demokrat yang kami tahu bisa lakukan seperti ini. Tentu kami siap mendukung suksesnya Partai Demokrat di Papua dan khususnya di Nabire,” kata Ayub Wenda. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box