Venue Rugby PON XX Papua Bertaraf Internasional Diresmikan

Gubernur Papua Lukas Enembe menekan tombol sirene sebagai tanda diresmikannya Venue Rugby PON XX Papua, Rabu (22/09/2021)

 

JAYAPURA (PB.COM)Venue Cabang Olahraga (Cabor) Rugby pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang berlokasi di Pangkalan Utama TNI/AU Silas Papare, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (22/09/2021) diresmikan oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP.MH. Peresmian venue Rugby ini digelar via daring maupun luring dan ditandai penegakan tombol sirene dan penandatangan prasasti.

Pada momen peresmian Venue Rugby ini, digelar pula serah terima kelola venue yang dibangun dengan dana APBN, Perjanjian Kerjasama (PKS) pinjam pakai seluruh venue dengan PB PON XX dan peluncuran Sistem Informasi Elekronik Peralatan Olahraga Papua (SI-EPOP), yang diselenggarakan dalam rangka mensukseskan PON XX dan juga Peparnas XVI di Provinsi Papua.

“Kami berharap venue bertaraf internasional ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, untuk meningkatkan prestasi olahraga baik di PON, Sea Games, Asian Games maupun Olimpiade,” kata Lukas Enembe.

Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Alexander Kapisa menjelaskan Venue Rugby Silas Papare dibangun dengan dana APBN Rp 122 miliar, dengan waktu pengerjaan 94 hari, telah diselesaikan 100 persen dan siap untuk difungsikan sebagai ajang perlombaan cabor rugby di PON XX.

Menurut Kapisa, kegiatan hari ini meliputi serah terima kelola venue APBN dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada Pemerintah Provinsi Papua.

Pemerintah melalui Kementerian PUPR telah membangun venue PON XX dan Peparnas XVI di Provins Papua. Masing-masing Istora di Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Venue Aquatic di Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Venue Hockey Indoor dan Outdoor di Kompleks Olahraga Doyo Baru, Venue Cricket di Kompleks Olahraga Doyo Baru, Venue Panahan di Kampung Harapan, Venue Sepatu Roda di Buper Waena, Venue Dayung di Teluk Yotefa.

“Hari ini kita akan melakukan serah kelola 3 venue terakhir yang telah diselesaikan oleh Kementerian PUPR yakni venue sepatu roda, venue panahan dan venue dayung,” katanya.

Dengan demikian, kaat Kapisa, secara keseluruhan dalam rangka pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI telah tersedia sebanyak 31 venue, yang akan digunakan dalam pelaksanaan PON XX dan juga Peparnas XVI nantinya dengan rincian 9 venue disiapkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR, 13 venue disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Papua melalui dana APBD, 6 venue disiapkan Pemerintah Kabupaten baik Kabupaten Merauke maupun Kabupaten Mimika dan 3 venue disiapkan oleh pihak swasta. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *