Fauma Depril Jumra Sumbang Emas untuk Sumbar di Dasalomba PON XX Papua

Fauma Depril Jumra, finis terdepan 400 meter di venue GOR Mimika Sport Complex. (Fernando Rahawarin)

 

TIMIKA (PB.COM)-Fauma Depril Jumra akhirnya menyumbangkan emas untuk Sumatera Barat, setelah berhasil menjadi juara di nomor dasalomba pada cabang olahraga (cabor) atletik PON XX Papua tahun 2021.

Fauma Depril Jumra berhasil mengumpulkan poin 6.788. Sementara untuk medali perak diraih Gayus Sibung atlet Kalimantan Timur, dan medali perunggu diraih Afif Setiawan dari Lampung.

Nomor dasalomba pada Cabor Atletik ini, seorang atlet harus menyelesaikan 10 nomor perlombaan, mulai dari lari 100 meter, lompat jauh, lempar cakram, lompat tinggi, lari 400 meter, tolak peluru, lari gawang 110 meter, lompat galah, lempar lembing, dan lari 1500 meter.

Perlombaan dasalomba sendiri digelar selama dua hari, yakni 6-7 Oktober 2021 di GOR Atletik Mimika Sport Complex (MSC), Mimika, Papua.

“Alhamdulillah saya bisa meraih medali emas dan ini sesuai target. Dimana, pada perlombaan saya di instruksikan untuk tetap fokus dan memperbaiki teknik-teknik,” katanya.

Kata dia, di nomor dasalomba ini dirinya kehilangan pada empat nomor, seperti di lompat galah dirinya pernah mencapai 4.50 meter, lempar lembing pernah mencapai 5.80 meter, lempar cakram, dan lari 1500 meter.

“Kalau empat nomor itu bisa dikuasai, maka rekor untuk PON mungkin bisa tercapai,” katanya.

Faktor yang membuat dirinya kurang pada empat nomor ini, kata Fauma, kalau persiapan cukup dan tidak kurang. Kemungkinan faktor kelelahan, karena harus melalui 10 perlombaan.

Namun demikian tidak membuat dirinya putus asa dan harus lebih fokus.

“Dalam lomba ini, saya tidak peduli dengan lawan. Tapi lebih fokus pada diri sendiri, dan bersyukur bisa menang dan menyumbangkan medali untuk daerah,” ungkapnya.

Adapun atlet yang mengikuti nomor dasalomba sebagai berikut:

  1. Fauma Depril Jumra (Sumatera Barat) dengan poin 6.788.
  2. Gayus Sibung (Kalimantan Timur) dengan poin 6.264.
  3. Afif Setiawan (Lampung) dengan poin 6.161.
  4. Alif M Baskar (Jawa Barat) dengan poin 6.072.
  5. Yusak Refasi (Papua) dengan poin 5.932.
  6. Arif Anugrah Ilah (Kalimantan Tengah) dengan poin 5.408.
  7. Dedi Hermawan (Riau) dengan poin 5.186.
  8. Yosep Ndiken (Papua) dengan poin 5.029.

(Humas PON XX Papua/Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *