Takhlukan Jawa Barat 1-0, Sepak Bola Putri Papua Juara Grup

Pesepakbola putri Jawa Barat, Galuh Candra Kirana PP (kanan) berebut bola dengan pesepakbola putri Papua Barat, Yuliana Ongge (kiri) dalam babak penyisihan grub A PON XX PAPUA 2021 di Stadion Katalpal, Merauke, Selasa (5/10/2021) (Foto : PB PON XX PAPUA/Feri Setiawan)

 

MERAUKE (PB.COM)Tim sepak bola putri Papua memastikan diri juara grup, setelah dalam laga penyisihan, Kembali menang atas tim Jawa Barat dengan skor 1-0 dalam laga keduanya yang digelar di Stadion Katalpal, Kamis (07/10).

Didukung suporter tuan rumah, tim Papua langsung menekan Jawa Barat begitu peluit babak pertama dibunyikan dan langsung membuka peluang pada menit kelima setelah penyerang Marsella Yuliana Awi melakukan aksi individu yang mengancam pertahanan Jawa Barat.

Jawa Barat yang juga tampil terbuka melancarkan sejumlah serangan ke jantung pertahanan Papua. Peluang pertama diperoleh tim Tanah Pasundan itu melalui sepakan Hanipa Halimatusyaidah yang masih melambung tipis di atas mistar gawang Agustina Kwano.

Peluang emas bagi Papua kembali tercipta pada menit ke-29 setelah sepakan Feni Binsbarek membentur tiang gawang. Bola liar dari sepakan ini juga gagal dimanfaatkan untuk mencetak gol.

Pada menit ke-37 Papua kembali mengancam lewat sepakan keras dari luar kotak pinalti yang dilepaskan Liza Armanita Madjar namun penjaga gawang Jabar Diyana Herliana bermain gemilang dengan menangkap bola ini.

Papua yang terus menekan membuat anak-anak Jawa Barat harus bermain di daerah pertahanan sendiri.

Gol yang ditunggu-tunggu Papua baru tercipta pada menit ke-42 setelah Liza Armanita Madjar menjebol gawang Jawa Barat dan bertahan hingga usai babak pertama.

Masuk babak kedua, tim Jawa Barat tampil menyerang guna menyamakan kedudukan. Menit ke-54, melalui sepakan dari luar kotak pinalti yang dilepaskan Mila Nur Kamila namun masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Papua.

Jawa Barat kembali mengancam pada menit ke-71, sebaliknya Papua membalas pada menit  ke-74 melalui sepakan jarak jauh Feni Binsbarek namun masih jauh dari sasaran. Sayangnya, tak ada gol tercipta hingga usai laga.

Kemenangan ini membuat tim sepak bola putri Papua menjuarai Grup A, setelah sebelumnya di laga perdana menang 7-0 atas Papua Barat.

Papua bakal  bertemu lawan kuat lainnya Bangka Belitung, sedangkan Jawa Barat menghadapi DKI Jakarta dalam semifinal Sabtu (09/10/2021).

Pelatih Kepala Sepak Bola Putri Papua , Priagung Dani Atmojo mengakui tidak mudah menghadapi tim Jawa Barat. Tetapi, keberuntungan berpihak ke Tim Sepak Bola Putri Papua hingga memenangkan pertandingan unggul 1-0.

“Itu semua karena Tuhan dan kerja keras anak-anak semua. Ada tekanan yang kami dapat tadi, itu pelajaran untuk kami, karena tantangan masih ada ke depan di partai semi final dan final,” tutur Priagung usai pertandingan.

Dia menyebut, semua lawan dipandang berat untuk dihadapi. Untuk itu, persiapan dan pelatihan akan lebih digenjot sehingga mampu mengalahkan semua lawan main.

“Siapa yang siap, pasti dia akan berhasil. Setiap lawan yang sudah dihadapi menjadi bagian pengumpulan pengalaman untuk memperkuat kesiapan kesebelasan Papua ke depan,” tuturnya.

Sementara Kapten Sepak Bola Putri Papua , Selly Wunungga mengaku bersyukur dan mengapresiasi kepada suporter yang ikut memberikan semangat kepada Tim Papua.

“Terimakasih kepada Tuhan karena kami unggul kali ini. Terimakasih untuk dukungan penonton Merauke dan doa dari keluarga. Perjuangan belum berakhir, saya bersama rekan-rekan lainnya harus lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi para pemain di babak selanjutnya,” pungkas Selly.

Sementara Pelatih Kepala Tim Jawa Barat, Roni Remon mengaku kedua tim dinilai bermain sangat bagus. Penampilannya sama-sama bagus dengan penerapan strategi masing-masing.

“Kita sama-sama tahu kekuatan Papua. Bagaimana mereka bermain, kita sudah punya gambaran,” ujarnya.

Senada kapten tim Sepak bola Jawa Barat, Diah Tri Lestari yang mengaku siap melawan tim DKI Jakarta  pada babak berikut, dan berupaya memberikan hasil yang terbaik.

“Untuk hari ini, kita jadikan motivasi untuk kita ke depan lebih baik lagi,” imbuh Diah yang mengenakan nomor punggung 79. (Getty/Humas PON XX Papua/Gusty Masn Raya)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *