Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman (Foto : Siti Aminah)

 

TIMIKA (PB.COM)-Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman di sela-sela kunjungannya ke Kabupaten Mimika, Kamis (7/10) mengatakan venue basket yang berada di GOR Mimika Sport Complex (MSC) merupakan salah satu venue yang sangat siap dan memenuhi syarat untuk pertandingan skala nasional.

Norman juga menyebutkan jika pembinaan atlit basket dengan menggunakan venue basket di MSC harus dilakukan guna persiapan FIBA Asia dan FIBA world cup 2023.  “Menyonsong dua event besar ini, maka venue seperti ini (venue basket MSC) harus digunakan, sukses untuk basket Indonesia,” ujar Norman.

Di perhelatan PON XX Papua Tahun 2021, Norman mengatakan fasilitas venue basket di MSC yang dibangun oleh PT Freeport adalah venue yang bagus. Dengan fasilitas yang memenuhi standart, ia berharap setelah event PON ini, venue basket tetap dapat digunakan lagi untuk event bola basket. “Venue basket ini sangat bagus, saya rasa setelah ini (PON) harus banyak event, sayang kalau venue yang begitu baik tidak digunakan,” jelasnya.

Untuk kepentingan penggunaan venue basket di MSC ini, Norman akan meminta Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) dengan Pengurus Basket Provinsi Papua untuk selalu merancang kegiatan-kegiatan ke depan.

Dari ajang PON XX ini juga kata Norman, bisa dilihat bahwa tim yang hadir bukan saja tim basket yang sudah punya nama di ibu kota maupun wilayah Jawa, namun hadir pula tim dari wilayah Timur Indonesia seperti Sulawesi Selatan. Selain itu ada tim dari Bali dan Sulawesi Utara yang juga menunjukkan prestasi yang bagus.

Lanjut dia, hal ini membuatnya gembira karena penyebaran kekuatan basket mulai sampai di daerah-daerah lain. Karenanya, pembinaan yang dilakukan oleh PB Perbasi, kata dia, sudah berjalan dengan baik.

Lewat ajang PON ini juga ia mengharapkan para pengurus basket Provinsi Papua seluruhnya bisa memberikan satu atensi bahwa kerja sama dengan PB Perbasi untuk menyelenggarakan event-event ke depan semakin baik.

Kerjasama ini, tambah Norman sangat diperlukan guna mendukung ajang Liga Basket Putra maupun putri. Dan ini akan berdampak positif bagi industri basket. Sebab basket merupakan olahraga yang cukup digemari banyak orang.

“Industri olahraha melalui basket ini saya rasa akan jalan sehingga harus didukung,” ungkapnya. (Humas PON XX Papua/Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box