Plt. Sekda Pegunungan Bintang, drg. Aloysius Giyai,M.Kes bersama istri dan anak-anaknya saat mengikuti misa Natal di Gereja Stasi St Fransiskus Asisi Yapimakot, Distrik Serambakon, Sabtu (25/12/2021)

 

JAYAPURA (PB.COM)—Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Pegunungan Bintang (Sekda  Pegubin) drg. Aloysius Giyai,M.Kes merayakan Natal 2021 di Kota Oksibil dan sekitarnya. Tak sendirian, Aloysius mengajak seluruh anggota keluarganya dari Jayapura untuk naik ke Pegunungan Bintang dan menikmati suasana Natal yang tenang dan damai di sana.

Usai mengikuti misa pertama di Gereja Katolik Roh Kudus Mabilabol, Sekda Aloysius didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pegubin Ny. Nelly Giyai, dan anak-anaknya menuju ke Stasi Yapimakot, Distrik Serambakon, Sabtu (25/12/2021) untuk merayakan natal di sana.

Serambakon adalah distrik yang terletak sekitar 20-an kilometer wilayah Barat Kota Oksibil, dengan waktu tempuh sekira sejam lebih dengan mobil. Di distrik ini pula, sebulan terakhir terjadi insiden pembakaran fasilitas sekolah oleh orang tak dikenal. Pada Minggu dini hari, (05/12/2021), SMA Negeri 1 Oksibil di Jalan Yapimakot Kampung Esipding Distrik Serambakon dibakar. Kejadian yang sama berlanjut pada Senin (13/12/2021), yang menimpa SMP Negeri Serambakon.

Umat Katolik di Stasi St Fransiskus Asisi Yapimakot tampak sangat antusias menerima kehadiran Sekda Aloysius Giyai dan  keluarganya. Mereka menyambutnya dengan tari-tarian di pintu masuk gereja. Misa Natal pun digelar dengan meriah, dipimpin Pastor Deken Pegunungan Bintang, Pastor James Kossay, Pr dan dihadiri ratusan umat setempat.

“Kita sangat menikmati suasana Natal yang sungguh aman dan damai di Serambakon. Karena itu, saya kemarin minta kepada umat dan masyarakat setempat, tolong bantu pemerintah jaga keamanan dan fasilitas umum seperti sekolah, Puskesmas, Pustu, kantor dan gereja,” kata Aloysius di hadapan umat.

Menurut Aloysius, sambutan hangat yang dirasakannya sejak ia tiba, rupanya karena sebagian besar umat setempat sudah merasakan jasanya sebagai sosok yang melahirkan Kartu Papua Sehat (KPS) saat menjabat Kepala Dinas Kesehatan Papua. Berkat KPS, banyak umat yang berobat secara gratis di seluruh fasilitas kesehatan di Pegunungan Bintang.

“Umat di sini sangat ramah, baik-baik, lugu, dan polos. Mereka pun mengaku tak mengerti, siapa yang bakar sekolah itu,” katanya.

Ketua Dewan Stasi Yapimakot, Boni Uropmabin atas nama umat Katolik setempat, mengaku sangat senang atas kehadiran Sekda Aloysius. Ia berharap, Sekda terus membangun hubungan yang baik ke semua lapisan masyarakat agar kehadiran pemerintah ke tengah-tengah rakyat benar-benar nyata.

Sekda Aloysius bersama istri dan anak-anaknya.

“Kami umat Katolik di Stasi Yapimakaot ini sekitar 1.700 jiwa. Kami sangat dukung kepemimpinan Bapak Bupati dan Bapak Sekda yang baru. Kami siap menjaga keamanan di Distrik Serambakon. Karena kami memang bingung, terkait pembakaran sekolah, kami tidak tahu siapa yang bakar. Karena itu, kami minta kepolisian harus usut tuntas, pelakunya diamankan, dan agar ada efek jera dan tidak menimbulkan saling curiga satu sama lain,” kata Boni.

Berbagi Sukacita Natal

Pada 27 Desember 2021, Plt. Sekda Pegunungan Bintang, Aloysius Giyai juga berkesempatan berbagi kasih dengan sejumlah anak kecil di Kampung Tulo Distrik Kalomdol. Saat tiba di kampung itu, anak-anak datang menghampiri Sekda seperti sudah saling mengenal satu sama lain. Beberapa lembaran uang dan bingkisan diberikan kepada anak-anak sebagai hadiah Natal 2021.

Sekda Aloysius bersama anak-anak di Kampung Tulo.

Sekda Aloysius juga tampak menggendong beberapa anak dan kemudian mengucapkan Natal bersama-sama yang direkam dengan handphone.

“Anak-anak dan ibu-ibu sangat senang.  Saya rasa damai sekali ketika bertemu dan ngobol dengan mereka. walau sebentar. Inilah sukacita Natal yang tulus apa adanya, penuh damai dan bersahaja,” tutur mantan Direktur RSUD Jayapura ini.

Sekda Aloysius saat memberikan hadiah Natal kepada anak-anak di Kampung Tulo.

Salah seorang mama di Kampung Tulo mengaku sangat senang dengan kunjungan Sekda Aloysius.

“Mama bahagia, senang ketemu Bapak Sekda. Kami butuh kehadiran para pejabat seperti ini. Terima kasih Nak. Salam untuk Ibu bersama anak-anak dan mendoakan Bapa Sekda selalu sukses dalam tugas” ujarnya. (Prim/Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box