Kepala Kampung Okdunam Minta Pemerintah Perhatikan Masyarakat Perbatasan RI-PNG di Pegubin

Kepala Kampung Okdunam, Distrik Oksamol, Yan Bawi, S.Sos saat memberikan sambutan di hadapan masyarakat pada acara syukuran, Rabu, 8 Mei 2022.

OKSIBIL (PB.COM)—Kepala Kampung Okdunam, Distrik Oksamol, Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin),  Yan Bawi, S.Sos meminta pemerintah daerah Pegubin dan Pemerintah Pusat untuk fokus membangun masyarkaat di wilayahnya yang berada di perbatasan RI dan Papua New Guinea (PNG).

“Kami tidak pernah rasakan pembangunan seperti rumah layak huni, air bersih, listrik, jalan raya, pendidikan dan kesehatan yang baik. Kami minta perhatian pemerintah untuk bangun semua itu agar masyarakat bisa sejahtera,” kata Yan saat acara syukuran pelantikan dirinya menjadi Kepala Kampung Okdunam, Rabu, 8 Mei 2022.

Menurut Yan, dulu orang tua mereka mengabdi di PNG selama 37 tahun lalu memutuskan untuk kembali dan bergabung dengan Indonesia tahun 2003, di mana saat itu Kepala Distrik Kiwirok Timur Almarhum Hosea Uropdana. S.Sos yang dilantik oleh Bupati Pegunungan Bintang Almarhum Drs. Wellington Lord Wenda, M.Si

Kepala Kampung Okdunam, Distrik Oksamol, Yan Bawi, S.Sos usai dilantik di Kantor Bupati Pegubin di Oksibil

Selain di Distrik Oksamol, wilayah di Pegubin yang masuk dalam kawasan perbatasan RI-PNG di Pegubin adalah Distrik Tumor Bil,  Yapsi, Kiwirok Timur Okyop, dan Distrik Batom. Wilayah ini memiliki potensi besar jika beranda perbatasan benar-benar dibenahi dengan memperbaiki pelbagai inftrastuktur dasar.

Yan Bawi dalam sambutannya di hadapan masyarakat juga mengaku sangat bersyukur atas kepercayaan yang diberikan kepadanya, baik oleh masyarakat yang memilihnya maupun Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang, khususnya Bupati Spei Yan Bidana, ST.M.Si dan OPD terkait yakni Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Pegubin yang menetapkan dan mengesahkannya menjadi Kepala Kampung Okdunam.

“Kami akan bekerja membantu masyarakat dan mendukung pemerintah menjalankan roda pembangunan di sini. Saya minta dukungan dari semua tokoh, baik tokoh adat, perempuan, pemuda dan seluruh intelektual di Kampung Okdunam agar bersama kami bekerja demi kemajuan bersama,” ujar Yab Bawi.

Acara syukuran ini ditandai dengan makan bersama ala Pegunungan Papua. Sekitar tiga ratusan masyarakat hadir merayakan kegembiraan bersama sebagai bentuk dukungan untuk kinerja Yan Bawi memimpin Kampung Okdunam selama lima tahun ke depan. Saat tiba, Yan Bawi dijemput dengan tarian dan lagu adat di kampung halamannya.

Pada kesempatan itu, dilantik juga 13 apratur Pemerintahan Kampung Okdunam Distrik Oksamol. Tutur hadir, Pendamping Distrik Oksamol Fredinan dan Kepala sekolah SD Inpres Oketwi Nalo Almung yang baru dilantik oleh Bupati Spei Bidana. (Tony Almung/Gusty)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.