Master plan kampus Universitas Okmin Papua di Epsiding Distrik Kalomdol, Pegunungan Bintang

JAYAPURA (PB.COM)—Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana, ST.M.SI menegaskan, hadirnya Universitas Okmin Papua (UOP) di Oksibil menjadi salah satu gebrakan yang populis bagi dunia pendidikan di Tanah Papua.

Sebab selama ini, umumnya mahasiswa dari wilayah Pegunungan Papua memilih Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura karena dianggap murah. Tetapi daya tampung Uncen tentu terbatas.

Mahasiswa Universitas Okmin Papua angkatan perdana saat menjalani perkuliahan

“Dan universitas ini sejak awal kita dorong jadi Pusat Peradaban Melanesia Papua lewat Antropologi dan riset-riset. Tahun ini, pada semester dua, rektornya sudah turunkan mahasiswa untuk mulai lakukan riset skala kecil ke setiap kampung dan OPD. Kita mau ubah pola pendidikan yang konvensional dengan perbanyak kegiatan perkuliahan berbasis riset,” kata Bupati Pegunungan Bintang, Spei Yan Bidana, ST.M.Si saat dihubungi papuabangkit.com, Rabu, 1 Juni 2022.

Menurut mantan Kepala Bappeda Pegubin ini, Universitas Okmin Papua hadir untuk mengubah peradaban Papua karena berada di Pegunungan Papua yang letaknya di perbatasan negara, di daerah terluar dan terpencil. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban negara mendukung universitas ini demi mencerdaskan anak bangsa di Papua.

Bupati Spei Yan Bidana, ST,M.Si

“Oleh karena itu, ke depan kami juga akan terus berjuang lewat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi agar Universtas Okmin ini jadi universitas negeri. Tapi ini tentu makan waktu yang sangat lama, sama seperti Universitas Musamus Merauke. Jadi Yayasan Okmin Papua diminta meningkatkan fasilitas dan SDM dulu ke depan tahap demi tahap,” urai Spey.

Sekedar diketahui, perjuangan mendirikan Universitas Okmin Papua (UOP) hanya berlangusng tiga bulan. Pemda Pegubin bersama tim dari UKSW dan Prof. Ir. Yohanes Sardjono, APU bekerja keras untuk ini.

Tepat di hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2021, kabar gembira datang. Universitas ini resmi berdiri sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 344/E/O/2021 tertanggal 17 Agustus 2021 tentang Izin Pendirian Universitas Okmin Papua yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Okmin Papua.

“Mengapa kami dirikan universitas, karena tujuan kami adalah mengubah paradigma pembangunan pendidikan di Papua. Dulu kita cari pendidikan di Kota Jayapura, di luar Papua dan luar negeri. Saatnya kita ubah, kita siapkan mahasiswa kuliah di kampung kita sendiri. Semua output dari SMA dan SMA di Pegunungan Bintang dan kabupaten sekitarnya kita arahkan dan kuliahkan di situ supaya ekonomi kita pun bertumbuh,” tegas Bupati Spei pada Oktober 2021. (Gusty Masan Raya)

 

Facebook Comments Box