Kadis Peternakan Perikanan dan Perkebunan Pegubin Sambut Gembira 33 Mahasiswa Universitas Okmin Papua Jalani PKL

Mahasiswa Universitas Okmin Papua yang jalani PKL saat tiba di Kantor Dinas Peternakan Perikanan dan Perkebunan Pegubin

 

OKSIBIL (PB.COM)—Usai dilepas secara resmi oleh Wakil Rektor III, Drs. Aloysius Kambana, mahasiswa-mahasiswi Universitas Okmin Papua (UOP) yang menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL) Gelombang I pun langsung bergerak ke tempat yang sudah dibagikan. Dari jumlah ini, sebanyak 33 mahasiswa di antaranya menjalani PKL di Dinas Peternakan, Perikanan dan Perkebunan Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin).

Kedatangan mereka disambut dengan gembira oleh Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Perkebunan Pegubin, Nicolaus Bukega, SP Kamis, 21 Juli 2022 di kantornya.

“Terima kasih kepada Universitas Okmin Papua yang sudah mengirim adik-adik mahasiswa ke sini untuk PKL. Selamat datang di kantor kami dan selamat menjalani praktik dengan senang hati sebagai kesempatan belajar kehidupan di luar kampus,” kata Nicolaus

Menurutnya, dalam sistem belajar mengajar di Perguruan Tinggi, memang tidaklah cukup jika hanya mengandalkan teori saja. Praktik lapangan sangatlah diperlukan untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa dari materi yang diberikan oleh dosen.

Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Perkebunan Pegubin, Nicolaus Bukega, SP

 

“Kalau di kampus, adik-adik mahasiswa terkadang bosan dan kurang mengerti betul bagaimana deskripsi pekerjaan, setelah terjun langsung ke lapangan kalian bisa paham, bahkan menguasai penuh sehingga bisa menjelaskan dengan bahasa kalian sendiri tanpa terpaku pada teori yang sudah dipelajari,” tuturnya.

Nicolaus berharap dengan PKL yang dijalani, para mahasiswa UOP lebih mengingat dan memahami dengan baik semua teori yang telah diajarkan selama proses perkuliahan. Apalagi, dinas yang dipimpinnya juga sangat erat melekat dengan budaya hidup orang Pegubin.

PKL Gelombang I yang dijalani mahasiswa perdana Universitas Okmin Papua (UOP) itu berlangsung selama sebulan penuh yakni 21 Juli hingga 21 Agustus 2022. Tempat PKL ini tersebar di 32 distrik di Kabupaten Pegubin, baik di kantor instansi pemerintah maupun swasta.

Sebelumnya, Wakil Rektor III Universitas Okmin Papua (UOP) Drs. Aloysius Kambana saat acara pelepasan meminta seluruh mahasiswa yang menjalani PKL agar menjaga nama baik kampusnya.

“Adik-adik mahasiswa-mahasiswa yang kita lepas untuk menjalani PKL Gelombang Pertama, selamat terjun mengabdikan diri di tengah masyarakat untuk praktek dan penelitian. Tetaplah menjaga nama baik kampus kita selama PKL,” kata Aloysius. (Aquino Ningdana/Gusty)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.