Ketua Program Wira Usaha Merdeka (WMK) Uncen Dr. Jonathan W Worormi (Tengah) didampingi Sekretaris Program Wirausaha Merdeka di Negeri Tapal Batas Uncen (Kanan), Remuz MB Kmurawak serta tim saat pembukaan kegiatan pada Jumat, (02/09/2022).

JAYAPURA – Program Wirausaha Merdeka Di Negeri Tapal Batas Tahun 2022 yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek merupakan program pertama yang diselenggarakan secara nasional di Universitas Cenderawasih (Uncen). Program Wirausaha Merdeka adalah salah satu program flagship, kerjasama Kemendikbudristek dan Lembaga Penjamin Dana Pendidikan (LPDP). Universitas Cenderawasih menjadi salah satu penerima hibah WMK, bersama dengan  16 kampus lainnya diseluruh Indonesia.

Kegiatan WMK di Negeri Tapal Batas Universitas Cenderawasih diikuti oleh 132 peserta dari Uncen, maupun dari perguruan tinggi mitra yang tersebar di Jayapura, Kabupaten Kepulauan Yapen dan Kabupaten Jayawijaya.

Adapun Perguruan Tinggi mitra yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Universitas Ottow Geisler, Universitas Yapis Papua, Sekolah Tinggi Bio Sains Swadiri, STIPER Thomas Aquinas, serta STKIP PGRI Papua dan STMIK Agamua.

Kegiatan ini menjadi salah satu wadah untuk mengakomodir kebutuhan mahasiswa  untuk berwiraswasta.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk dapat berwiraswasta, menciptakan ekosistem wiraswasta di wilayah Papua. Dimana mahasiswa akan memperoleh pendidikan tentang wirausaha dari pengajar dan praktisi, kemudian mahasiswa akan ditempatkan di UKM, untuk belajar secara langsung, dan akan melakukan expo, terkait dengan produk yang akan dibuat,”  Ujar Remuz MB Kmurawak, Sekretaris Program Wirausaha Merdeka di Negeri Tapal Batas Uncen.

Sementara itu, Ketua Program WMK Uncen  Dr. Jonathan W Worormi  saat pembukaan kegiatan tanggal 2 September 2022 menyampaikan, WMK Uncen adalah bagian dari program MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri menjadi calon entrepreneur melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.

Suasana pembukaan kegiatan Program Wira Usaha Merdeka (WMK) Uncen pada Jumat, (02/09/2022).

Program Wirausaha Merdeka ini mengajak para mahasiswa untuk berkolaborasi, beraksi, dan berbakti untuk negeri dalam perkembangan ekonomi masyarakat di Papua.

“Dengan mengikuti kegiatan Wirausaha Merdeka, mahasiswa memiliki kesempatan untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan, soft skills, dan manajerial, serta mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa yang dapat direkognisi dalam Satuan Kredit Semester (SKS),” papar Dr. Jonathan W Worormi.

Menerjunkan langsung mahasiswa kedalam dunia usaha melalui kegiatan praktek di UMKM Mitra, lanjut Dr. Jonathan W Worormi, juga bertujuan memantik lebih banyak jiwa kewirausahaan serta memunculkan wirausaha muda yang tangguh dan siap bersaing.

Apalagi, dengan Jumlah peserta relative banyak, yakni 132 orang dan 14 UKM mitra yang terlibat dengan mentor serta dosen pendamping lapangan, diharapkan dapat memberikan peningkatan kualitas  bagi peserta program wirausaha merdeka.

Adapun pelaksanaan WMK Uncen 2022 dilaksanakan selama 16 minggu atau setara dengan Satu semester. Rentang waktu pelaksanaan program dari tanggal 25 Agustus 2022-15 Desember 2022 dan memenuhi tahapan taksonomi bloom. (Adm)

 

 

Facebook Comments Box