Mendagri foto bersama Penjabat Bupati Tolikara, Penjabat Bupati Kepulauan Yapen dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta usai pelantikan, Senin, 17 Oktober 2022.

 

JAYAPURA (PB.COM)Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Papua Marthen Kogoya, SH menjadi Penjabat Bupati Tolikara menggantikan Usman G. Wanimbo dan Dinus Wanimbo yang telah berakhir masa jabatannya terhitung sejak 16 Oktober 2022.

Pelantikan ini digelar di Sasana Bhakti Praja, Kantor Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Senin, 17 Oktober 2022. Selain Tolikara, dilantik pula penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Cyfrianus Y. Mambay, S.PD,M.Si menggantikan Tonni Tesar dan Frans Sanadi, serta Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

“Mengangkat saudara Marten Kogoya, Kepala Badan Kepegawaian Provinsi Papua sebagai Pj Bupati Tolikara. Masa jabatan Pj Bupati terhitung satu tahun sejak keputusan ditetapkan,” demikian isi surat keputusan Mendagri.

Penjabat Bupati Marthen Kogoya foto bersama sejumlah kepala OPD Tolikara usai pelantikan.

 

Dalam sambutannya, Mendagri Tito berpesan khusus kepada Penjabat Bupati Tolikara Marthen Kogoya agar rajin mengecek kondisi masyarakat di lapangan. Dia yakin akan kemampuan Marten Kogoya yang merupakan putra daerah.

“Tolong betul-betul rajin blusukan, jangan terlalu lama meninggalkan tempat. Rakyat Tolikara membutuhkan Bapak di sana. Gunakan APBD betul-betul untuk kepentingan rakyat, jaga stabilitas keamanan di Tolikara. Saya paham, daerah yang cukup rawan. Tolong rangkul semua pihak,” kata Tito Karnavian.

Tolikara adalah salah satu kabupaten yang terletak di jantung Pulau Papua. Kabuapten ini  bakal menjadi bagian dari provinsi baru, yakni Papua Pegunungan.

Sementara itu kepada Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Cyfrianus Y Mambay, Tito meminta agar bisa melanjutkan pekerjaan bupati yang telah purnatugas. Situasi di Yapen dinilai Tito relatif aman dari kelompok bersenjata.

“Kepada Penjabat baru Kepulauan Yapen dapat meneruskan apa yang dikerjakan Pak Toni Tesar,” kata Tito.

Sebelum menjadi Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Cyfrianus adalah Staf Ahli Gubernur Bidang Pengembangan Otonomi Khusus Provinsi Papua. (Gusty Masan Raya/dbs)

Facebook Comments Box