Ikatan Alumni FK Uncen foto bersama sebelum menggelar penyuluhan HIV-AIDS di SMA Negeri 1 Timika, Kamis, 10 November 2022.

 

JAYAPURA (PB.COM)—Ikatan Alumni (Iluni) Fakultas Kedoteran Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura melakukan penyuluhan tentang bahaya HIV-AIDS bagi generasi muda di SMA Negeri 1 Timika, Kamis, 10 November 2022.

Kegiatan bertajuk Seminar Kesehatan “HIV-AIDS” ini digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 dengan melibatkan anggota Iluni FK Uncen yang berjumlah 40 orang di Kota Timika.

Ketua Iluni FK Uncen Kabupaten Mimika, dr. Caca Ezra mengatakan penyuluhan yang digelar adalah bentuk kepedulian dan upaya menekan angka infeksi HIV-AIDS di Papua, terutama di Kabupaten Mimika. Apalagi berdasarkan data, jumlah kasus di HIV-AIDS di kabupaten ini sangat tinggi.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Mimika per Juni 2022, sejak 1996 jumlah akumulatif kasus HIV-AIDS di Mimika mencapai 6.821, dengan rincian 3.476 kasus HIV dan 3.345 kasus AIDS. Bahkan, dalam rentang waktu Januari-Juni 2022, terdapat 159 kasus baru.

Suasana penyuluhan HIV-AIDS di SMA Negeri 1 Timika.

 

“Karena itu, dalam giat penyuluhan ini, kita berupaya membangun pengetahuan dan pemahaman yang memadai bagi para siswa akan bahaya HIV-AIDS, cara penularan, dan cara pencegahannya. Tentunya harapan kita, setelah mengetahui informasi tersebut, mereka juga akan menyampaikannya kepada keluarga dan juga orang lain di sekitarnya agar bersama-sama melindungi dirinya dari risiko penyebaran virus mematikan ini,” tegas dr. Caca.

Menurut dr. Caca, selain penyuluhan tentang HIV-AIDS, giat Iluni FK Uncen ini juga diisi dengan sharing soal pendidikan di fakultas kedokteran secara umum dan FK Uncen secara khusus sebagai bentuk promosi dan sosialisasi bagi para siswa setempat.

Ia berharap, ada siswa SMA Negeri 1 Timika yang tertarik menjadi dokter dan masuk FK Uncen atau FK lainnya di Indonesia. Sebab dengan kondisi Papua yang luas, tentu saja kebutuhan tenaga dokter masih sangat tinggi untuk menjangkau pelayanan ke wilayah pedalaman.

“Puji Tuhan, setelah sharing kami dan adik-adik mendapat informasi mengenai fakultas kedokteran dan FK Uncen secara khusus, banyak dari mereka yang mau berminat jadi dokter dan mendedikasikan diri untuk melayani masyarakat Papua, terutama di pedalaman yang belum ada dokter,” tutur dr. Caca yang saat ini bekerja di Public Center 119 Mimika. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box