Bupati Spei Bidana dan Plt. Sekda Silwanus Sumule menyaksikan salah seorang pejabat yang baru dilantik menandatangani berita acara pelantikan di Aula Kantor Bupati Pegubin, Jumat, 27 Oktober 2023.

 

JAYAPURA (PB.COM)—Sebanyak 5 pejabat eselon II, 81 pejabat eselon III, 126 pejabat eselon IV dan 5 kepala UPT Puskesmas di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Jumat, 27 Januari 2023 secara resmi dilantik oleh Bupati Spei Yan Bidana, ST,M.Si di Aula Kantor Bupati, Oksibil.

“Dengan memanjatkan Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan perkenaan-Nya, maka pada hari ini, Jumat, 27 Januari 2023, saya Bupati Pegunungan Bintang dengan ini resmi melantik saudara-saudara dalam jabatan pimpinan tinggi pratama, jabatan administrator, jabatan pengawas, dan jabatan kepala UPT Puskesmas yang baru di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Pegunungan Bintang,”  kata Bupati Spei.

“Saya percaya bahwa saudara-saudara dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang dibebankan di atas pundak saudara. Semoga Tuhan beserta kita,” lanjut Spei saat membacakan naskah pelantikan.

Menurut Bupati Spei, pergantian dan pergeseran jabatan itu hal biasa dalam dunia birokrasi pemerintahan. Tidak ada yang luar biasa dan istimewa. Tapi di situ mengandung tanggung jawab besar bagi mereka yang diberi amanah untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan jenjang, tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Sementara itu, kata Spei, jabatan struktural di lingkup pemerintahan Pegunungan Bintang juga terbatas. Akibatnya, tidak bisa semua orang bisa diakomodir untuk mendapatkan jabatan secara serentak, melainkan bertahap sesuai jenjang karir. Oleh karena itu, bagi yang sudah mendapatkan jabatan hari ini, Spei meminta para pejabat harus setia berada di tempat tugas dan disiplin bekerja demi melayani masyarakat dan membangun daerah Pegubin.

“Jadi kalau hari ini sudah diberi jabatan, harus sungguh-sungguh bekerja. Kemarin sejak saya lantik dua tahun lalu, ada yang belum pernah masuk kerja. Dan itu saya sudah berhentikan. Saya minta sesudah pelantikan ini, para kepala dinas, kepala badan awasi semua bawahan. Kalau satu bulan tidak masuk, lapor ke saya dan kita akan berhentikan. Saya butuh orang yang setia dan punya dedikasi tinggi untuk membangun daerah ini dengan tetap ada di tempat tugas melayani masyarakat,” tegas politisi PDI Perjuangan ini.

Kepada para ASN yang belum mendapat jabatan atau diganti, Bupati Spei meminta untuk tidak boleh berkecil hati. Apalagi, dengan mengambil sikap indispliner tidak masuk kantor. Sebab sesuai aturan ASN, jika seorang ASN yang tidak masuk lebih dari 10 hari, status kepegawaiannya bisa diproses untuk dicabut alias dipecat.

“Jadi yang namanya ASN, kita punya piring makan itu ya harus masuk kantor dan bekerja. Bukan karena jabatan, bukan karena proyek, tapi masuk kantor dan kerja untuk penghidupannya. Saya harap dua tahun sudah cukup untuk evaluasi dan disiplin kerja kita harus meningkat agar daerah ini semakin maju,” tutur mantan Kepala Bappeda Pegubin ini.

Hadir dalam acara pelantikan dan penyerahan DPA itu, Plt. Sekretaris Daerah Pegubin, dr. Silwanus Sumule, SpOG(K) bersama para asisten dan seluruh kepala OPD, Wakil Ketua DPRD Pegubin Junius Tengket, SE, Kapolres Pegubin AKBP Moh. Dafi Bustomi, S.H.,S.I.K.,M.I.K, Perwira Penghubung Yahukimo Mayor Sony Simanjuntak, 34 kepala distrik, dan 277 kepala kampung.  (Demi K./Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box