Bupati Spei Bidana foto bersama Forkopimda Pegubin usai pelantikan pejabat dan penyerahan DPA di Aula Kantor Bupati, Jumat, 27 Januari 2023.

 

JAYAPURA (PB.COM)Bupati Spei Yan Bidana, ST.M.Si meminta kepada semua elemen masyarakat di Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Provinsi Papua Pegunungan untuk memerangi hoax atau informasi tidak benar bernada provokatif demi menjaga Kamtibmas dan kedamaian di Bumi Okmin.

“Saya berterima kasih kepada TNI/Polri yang sudah bekerjasama memulihkan dan menjaga keamanan Pegunungan Bintang. Tapi di Pegunungan Bintang ini, 90 persen penyebab gangguan keamanan bermula dari adanya oknum yang kembangkan isu tidak benar. Isu beginilah, begitulah, dan itu dari kita sendiri. Jadi saya minta semua pihak, terutama para kepala kampung dan kepala distrik harus memastikan informasi yang betul-betul dipercaya. Apalagi sekarang media sosial sangat cepat. Seperti kemarin, bikin seolah-olah Oksibil ini mencekam,” tegas Bupati Spei Bidana saat sambutannya di sela-sela acara pelantikan pejabat OPD dan penyerahan dokumen DPA di Aula Kantor Bupati, Jumat, 27 Januar 2023.

Menurut Spei Bidana, semua pihak harus mengambil peran untuk menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di seluruh wilayah Pegunungan Bintang agar pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah untuk masyarakat bisa berjalan lancar. Secara khusus, ia meminta perhatian para kepala distrik dan kepala kampung untuk terus menjaga wilayahnya tetap aman dari gangguan.

Sejumlah kepala distrik dan kepala kampung tampak hadir saat penyerahan DPA oleh Bupati Spei Yan Bidana.

 

“Saya mau ingatkan, jaga kebersamaan, jaga Kamtibmas mulai dari dusun, kampung, distrik hingga kabupaten. Dan kita harus pastikan bahwa jika orang yang terlibat melakukan kekacauan adalah orang yang keluar dari dusun, segera atasi. Bukan sedikit-sedikit seperti terjadi kemarin. Semua bupati datang baru bicara. Ini bupati yang suruh ka,” kesal Spei.

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, para Kepala Distrik juga harus selalu berada di tempat tugas untuk memastikan bahwa pelayanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan kepada masyarakat berjalan normal.

“Sinergi dengan para kepala sekolah, pastikan bahwa mulai dari TK, SD, SMP sampai SMA berjalan normal. Demikian juga Puskesmas dibuka untuk layani masyarakat berobat. Ini saya sudah beberapa kali turun di sejumlah distrik dan ada yang belum jalan,” tuturnya.

Wakil Ketua II DPRD Pegubin, Junius Tengket, SE,M.Si saat ikut menyerahkan DPA kepada para kepala OPD.

 

Pada kesempatan itu, Bupati Spei juga meyampaikan apresiasi kepada lembaga DPRD Pegubin yang telah bekerja sama dan berkolaborasi dengan pihak eksekutif membangun daerah.

Secara khusus, apresiasi disampaikan Spei kepada Wakil Ketua II DPRD Pegubin, Junius Tengket, SE,M.Si yang selalu hadir mewakili pimpinan dan anggota DRPD Pegubin pada giat agenda bupati.

“Ada 25 anggota DPRD dan 3 pimpinan, tapi yang selalu hadir  mewakili DPRD adalah Wakil Ketua II. Untuk itu, mari kita tepuk tangan dan mengapresiasi beliau. Tapi yang namanya Pemerintah Daerah itu adalah bupati dan DPRD. DPRD dalam tugas legislasi mengawasi pembangunan yang dilakukan eksekutif di bawah pimpinan bupati,” tegas Bupati Spei. (Demi K./Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box