Bupati Spei Bidana didampingi Kadinsos TK Pegubin Yustinus Oropka saat menyerahkan secara simbolis 4 ton beras kepada mahasiswa di Asrama Buper Waena, Selasa, 31 Januari 2023.

 

JAYAPURA (PB.COM)—Dalam rangka mendukung studi para mahasiswa asal Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Keerom, Bupati Spei Yan Bidana, ST.M.Si menyerahkan bantuan 4 ton beras kepada ribuan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Pelajar Pegunungan Bintang (IMPPETANG).

Penyerahan bantuan beras secara simbolis itu dilakukan Bupati Spei didampingi Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Pegubin, Yustinus Oropka, S.IP di Asrama Mahasiswa Pegubin di Buper Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura,, Selasa, 31 Januari 2023

Kadinsos TK Pegubin Yustinus Oropka memantau proses bongkar beras di Asrama Buper Waena.

 

“Saya minta ketua IMPPETANG, ketua asrama, dan ketua basis dari setiap distrik, nanti bagi. Mungkin ada yang dapat 50 kilo, ada yang seratus, nanti kamu pakai untuk bagi makan. Ini bentuk kepedulian kami selaku pemerintah daerah untuk menunjang kuliah,” ujar Bupati Spei.

Pada kesempatan itu, Bupati Spei Bidana juga memberikan motivasi dan semangat kepada para mahasiswa. Ia mengatakan, di masa Otsus Papua, berbagai kemudahan didapat oleh para mahasiswa. Oleh karena itu, mahasiwa IMPPETANG hendaknya memanfaatkan itu sebagai sarana untuk mempercepat proses studi mereka.

“Anak-anak, adik-adikku, kalian harus semangat berjuang meraih cita-cita. Jangan tidur-tidur, harus rajin kuliah karena kalian adalah kader SDM Pegunungan Bintang yang kelak gantikan kami,” pesan Spei.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Pegubin, Yustinus Oropka, S.IP mengatakan beras bantuan yang dibagikan ke mahasiswa adalah bagian dari program sosial pemerintah yang diperoleh berkat kerjasama Pemda Pegubin dan Kementerian Sosial.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Pegubin, Yustinus Oropka saat menjawab wartawan.

 

“Jadi tiap tahun kita dapat sekitar 100 ton beras dari Kementerian Sosial RI. Nah untuk adik-adik mahasiswa di Kota Jayapura, tahun 2022 kami bantu 3 ton lebih, tahun ini naik jadi 4 ton yang kita drop dan serahkan kepada mahasiswa di sini. Jadi satu tahun kita drop satu kali dengan jumlah besar seperti ini,” ujar Yustinus.

Menurut Yustinus, data mahasiswa IMPPETANG Kota Studi Jayapura per tahun 2022 yang menyebar di Kota Jayapura, Sentani dan Keerom mencapai 1.400 orang. Rencannaya, beras sebanyak 4 ton ini akan dibagi ke kelompok yang lebih kecil yaitu di masing-masing ikatan di 34 distrik.

“Soal teknis pembagian lebih lanjut, nanti adik-adik pengurus IMPPETANG yang atur,” tegasnya.

Ketua Umum IMPPETANG Kota Studi Jayapura, Ickolas Katpum saat menjawab wartawan.

 

Ketua Umum Badan Pengurus Ikatan Mahasiswa Pelajar Pegunungan Bintang (IMPPETANG) Kota Studi Jayapura, Ickolas Katpum menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemda Pegubin, terutama Bupati Spei Bidana dan Kepala Dinas Sosial Yustinus Oropka atas bantuan beras ini.

“Apa yang menjadi kegelisahan kami sudah terjawab, padahal kami ada mau naikkan proposal kepada Pemda Pegunungan Bintang dalam hal Dinas Sosial untuk minta bantuan ini. Esok kita akan keluarkan surat undangan untuk rapat untuk mengatur teknis pembagiannya. Sekali lagi terima kasih kepada Bapak Bupati dan Kepala Dinas Sosial,” tutupnya. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box