Duta Besar Vatikan Untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo dan beberapa uskup saat tiba di Bandara Sentani, Rabu, 1 Februari 2023 disambut Mgr Yan You, Pr.

 

JAYAPURA (PB.COM)Menjelang pentahbisan Uskup Jayapura Mgr. Yanuaris Theofilus Matopai You, Pr, puluhan Uskup telah tiba di Jayapura sejak Selasa hingga Rabu, 1 Februari 2022.

Pada Rabu, 1 Februari 2023 pagi sekitar Pkl. 07.00, telah hadir juga Duta Besar Vatikan Untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo didampingi Kardinal Ignatius Suharyo, SJ dan beberapa uskup lain yang tiba di Bandara Sentani. Keduanya disambut Mgr. Yan You, Pr dengan pelukan hangat.

“Selamat datang kepada Duta Besar Vatikan dan seluruh uskup, pastor, suster dan semua undangan yang hadir juga. Kami dengar dari panitia bahwa ada 33 Uskup se-Indonesia, 10 uskup dari PNG dan 5 uskup dari Timor Leste juga hadir. Selamat menikmati Kota Jayapura, menikmati alam Papua, manusia dan budaya Papua yang unik dan indah,” ujar Bupati Spei Bidana, Rabu, 1 Februari 2023.

Menurut Spei, kehadiran para uskup di Kota Jayapura dalam rangka mengikuti tahbisan Uskup Jayapura Mgr. Yanuaris Theofilus Matopai You, Pr tentu membawa berkat bagi Tanah Papua. Oleh karena itu, semua umat Katolik harus terus berdoa dan berharap agar ke depan, keempat keuskupan di Tanah Papua ini diisi oleh Uskup Asli Papua.

Bupati Spei Yan Bidana bersama istri dan anak tercinta saat penyerahan sumbangan babi 50 ekor kepada Paniti Tahbisan Uskup di halaman Kapela Stasi Angkasa, Jayapura, Selasa, 31 Januari 2023.

 

“Ini harapan dan doa umat Katolik di Papua. Bukan berarti kita mau membedakan atau diskriminasi dengan suku-suku lain. Tetapi itu wujud kebanggaan bahwa Gereja Katolik Papua juga mampu menghasilkan putra-putra asli terbaik sebagai tiang penyanggah pembangunan berdasarkan Injil di Tanah Papua,” kata Spei.

Mgr. Yanuarius Theofilus Matopai You, Pr

 

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Panitia, perayaan misa tahbisan episkopal yang akan dipimpin oleh Mgr. Piero Pioppo selaku Nuncio Nunciu Apostolic-Duta Besar Vatikan untuk Indonesia ini berlangsung Pkl. 09.00 WIT pada Kamis, 2 Februari 2023  bertempat di Gereja Katedral Kristus Raja, Dok V, Jayapura.

Sementara umat Katolik dan para undangan dari berbagai lintas gereja dan agama diperkirakan mencapai 12 ribu orang akan memadati Stadion Mandala Jayapura untuk mengikuti perayaan tahbisan secara live streaming.

Usai pentahbisan, Uskup Jayapura yang baru Mgr Yanuarius You akan diarak menuju Stadion Mandala untuk mengikuti pesta rakyat atau syukuran iman. Sementara pada Sabtu, 4 Februari 2023 akan digelar Misa Stasioner oleh uskup baru bersama seluruh imam Keuskupan Jayapura di Gereja Katedral Jayapura. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box