Bupati Spei menyerahkan 50 ekor babi secara simbolik kepada Ketua Panitia Pentahbisan Uskup Jayapura Elpius Hugi di Kapela Stasi Angkasa, Jayapura, Selasa, 31 Januari 2023.

 

JAYAPURA (PB.COM)Bupati Pegunungan Bintang (Pegubin) Spei Yan Bidana, ST.M,Si turun langsung memimpin proses penyerahan bantuan sumbangan berupa 50-an ekor babi dan hasil bumi kepada Panitia Tahbisan Uskup Jayapura dan Misa Stasioner, Selasa, 31 Januari 2023. Sebanyak puluhan kepala OPD Pegubin dan mahasiswa turut serta bersama Bupati Spei dalam giat ini.

Sejak Pk 14,00, Bupati Spei turun langsung mengawal proses pengantaran sumbangan ini dengan titik star di Asrama Pegubin, Buper Waena. Sebanyak 50 ekor babi dan hasil bumi diangkut menggunakan mobil pick up diiringi 5 truk dan dua puluhan mobil dinas dan pribadi menuju Kapela Stasi Angkasa, Jayapura.

Dengan dikawal aparat, tiga puluh lebih kendaraan roda empat itu bergerak dari Buper Waena menuju Angkasa. Di halaman Gereja Stasi Angkasa, puluhan umat Katolik setempat yang didominasi masyarakat Lembah Baliem bersama Ketua Panitia Uskup Jayapura Elpius Hugi, S.Pd,MA sudah menunggu untuk menyambut rombongan bupati. Pastor Deken Dekenat Pegunungan Bintang, RD James Kosay, Pr pun turut hadir.

“Kami hadir mewakili rakyat Pegunungan Bintang, baik sebagai Pemerintah Daerah maupun Gereja Katolik Dekenat Pegunungan Bintang untuk memberikan sumbangan ini sebagai wujud syukur atas peran Gereja Katolik yang sudah menyiapkan kader-kader baik di pemerintahan maupun politik. Jadi hasil bumi, ternak, ubi, keladi yang kita persembahkan hari ini sebagai wujud syukur kita akan hadirnya Uskup baru ini. Dengan harapan ini menjadi berkat dalam tugas pelayanan masing-masing,” ujar Spei Bidana.

Menurut Spei, sekalipun ini adalah perayaan iman, namun perpaduan budaya dan tradisi lokal Papua pun tetap dijunjung tinggi. Dalam tradisi masyarakat Pegunungan Papua, kata Spei, sukses tidaknya sebuah acara diukur juga dengan kemampuan tuan rumah memberi makan kepada semua tamu undangan yang hadir.

“Acara kita sukses kalau kita bisa kasih makan semua orang. Saya dengar dari Ketua Panitia bahwa ada sekitar 13 ribu umat yang hadir. Dan tentu butuh konsumsi yang besar. Kita berharap acara kita ini sukses agar mereka yang hadir pulang dengan kenyang,” tutur Spei.

“Bantuan yang kita berikan ini adalah bagian dan semangat dari kita hidup menggereja. Bagaimana gereja hadir di Papua sehingga menghasilkan Pastor, Pendeta, Uskup dan mereka membantu kita agar segala karya kita diberkati oleh Tuhan.

Ketua Panitia Pentahbisan Uskup Jayapura Elpius Hugi saat memberikan sambutan.

 

Ketua Panitia Pentahbisan Uskup Jayapura Elpius Hugi, S.Pd,MA menyampaikan apresiasi tinggi dan terima atas bantuan sumbangan babi dan hasil bumi yang sudah diserahkan oleh masyarakat dan pemerintah Pegubin yang dipimpin langsung Bupati Spei.

“Dengan bantuan 50 ekor babi ini, sesuai data yang kami terima totalnya sudah 1oo lebih. Nanti kita akan bagi per suku untuk proses barapan, dibuat beberapa kolam supaya mudah dikoordinir,” tutur Elpius.

Menurut Elpius, dalam sejarah pentahbisan uskup di Indonesia, pentahbisan Uskup Yan You kali ini adalah yang paling meriah, baik dari sisi acara maupun kehadiran tamu-tamu penting. Oleh karena itu, semua seksi bekerja keras untuk menyukseskannya supaya memberi kesan baik kepada semua tamu.

“Karena itu sekalian pada kesempatan ini, saya ajak Orang Muda Katolik dan PMKRI dari Pegunungan Bintang, tolong bantu panitia untuk jadi pengamanan selama misa pentahbisan dan pesta iman ini berlangung,” pinta Elpius.

 

Kadis PU Pegubin Yance Tapyor berbincang dengan Bupati Spei saat di Asrama Buper,

 

Adalah Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Pegubin, Yance Tapyor, ST,M.AP yang dipercayakan Bupati Spei mengkoordinir penyerahan bantuan sumbangan babi dan hasil bumi ke Panitia Tahbisan Uskup. Yance mengaku, sudah ada 50 ekor babi yang sudah diantar ke panitia.

“Esok, tanggal 1 Februari akan diantar mungkin beberapa ekor lagi. Sekalian dengan hasil bumi. Adik-adik mahasiswa akan kita libatkan untuk proses barapen (bakar batu—Red.) di Angkasa nanti membantu panitia,” ujar Yance Tapyor.

Menurut Yance, kegembiraan iman ini akan dirayakan dengan pesta rakyat atau pesta iman sesuai agenda panitia. Oleh karena itu, sumbangan yang diberikan ini kiranya dapat membantu panitia untuk menyediakan makanan lokal Papua.

Sehari sebelumnya, Bupati Spei dan puluhan kepala OPD Pegubin menyambangi Gereja Katedral Jayapura untuk menyerahkan sumbangan dana Rp 1 miliar secara simbolis kepada Ketua Panitia Elpius Hugi. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box