Suasana pelantikan Pengurus DPP APTIKOM di Gedung F8 Universitas Gunadarma, Sabtu (13/02/2023)

DEPOK – Acara pelantikan Kepengurusan Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (DPP APTIKOM) periode 2022-2026 resmi digelar Sabtu (11/2/2023), berlangsung di Kampus F8 Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat.

Acara pelantikan yang dirangkai dengan Seminar Nasional mengusung tema “Penguatan Pendidikan Tinggi Anggota APTIKOM menjadi Unggul berbasis Outcome melalui Penerapan Atificial Intelligence”, dihadiri langsung Ketua DPP APTIKOM terpilih hasil Rapat Koordinasi Nasional di Bali pada tanggal 9 Desember 2022, yakni Prof. Dr.rer.nat. Achmad Benny Mutiara Q.N., S.Kom, sedangkan Husni Teja Sukmana, Ph.D., terpilih sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen). Keduanya terpilih secara aklamasi.

Selain segenap pengurus DPP, acara Pelantikan DPP APTIKOM juga dihadiri Dewan Pendiri sekaligus Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margiati, S.E., M.M. dan didampingi Prof. Drs. T. Basaruddin, M.Sc., Ph.D sebagai Dewan Pendiri APTIKOM.

Kepengurusan Periode 2022-2026 ini juga menjadi tonggak sejarah, karena jumlah pengurus DPP APTIKOM melonjak hampir dua kali lipat. Pada kepengurusan periode 2017-2021 sebanyak 127 orang, maka periode 2022-2026 ini menjadi 243 orang.

Para pihak yang berkompeten dimasing-masing bidang, dipercayakan bergabung dalam kepengurusan. Tak ketinggalan sejumlah tokoh penggerak dari Tanah Papua. Tercatat tiga orang putra/putri terbaik dipercayakan dalam kepengurusan. Mereka yakni Ketua APTIKOM Papua, Sitti Nur Alam ST.MT, sebagai anggota di Bidang Manajemen Sistem Informasi Perguruan Tinggi.

Lalu Dua wakil Papua lainnya ada di anggota Bidang Kerjasama Pemerintahan dan Lembaga Lainnya. Mereka yakni Dominicus RES Carvallo SE.MM yang dikenal juga sebagai Ketua Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah Papua (DETIKDA) Provinsi Papua dan DR. Rosiyati MH Thamrin SE.MM.MH,.

Foto bersama Ketua DPP APTIKOM Prof. Dr.rer.nat. Achmad Benny Mutiara Q.N., S.Kom, dan Sekjen Husni Teja Sukmana, Ph.D. usai pelantikan.

Ketua Umum DPP APTIKOM terpilih, Prof. Benny dalam sambutannya mengemukakan, pelantikan kepengurusan baru ini menjadi momentum yang sangat baik untuk saling berkolaborasi memajukan Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan, sehingga menjadikan kampus berbasis AI (Artificial Intelligence).

Penambahan jumlah pengurus ini sebagai salah satu upaya untuk menjangkau seluruh Indonesia dan menyatukan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan berbagai macam keahlian di bidang Informatika.

Sebelumnya dalam sambutannya, Prof. Margiati menyampaikan rasa syukur dan bangga atas perkembangan APTIKOM yang sudah semakin besar ini, serta menyampaikan kesediaannya untuk terus mendukung perkembangan APTIKOM.

Sejalan dengan tema yang diusung, dalam kegiatan ini menghadirkan keynote speaker Dr.Eng. Hary Budiarto, M.Kom.,IPM. selaku Kepala Badan Pengembangan SDM bidang Digital Kementerian KOMINFO, Republik Indonesia.

Dalam paparannya Hary Budiarto menyampaikan pentingnya Perguruan Tinggi memanfaatkan teknologi otomasi melalui platform digital. Hal ini bertujuan agar proses bisnis yang kompleks bisa menjadi lebih efisien dalam melayani mahasiswa, sehingga menjadikan perguruan tinggi yang unggul.

Ditambahkan juga bahwa sinergi positif yang sudah terjalin antara APTIKOM dan KOMINFO harus terus terjaga demi mewujudkan Transformasi Digital yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Sementara Ketua DETIKDA Papua, Dominicus RES Carvallo yang juga turut dilantik sebagai pengurus DPP APTIKOM, kepada media ini mengaku bangga dipercayakan bergabung dalam kepengurusan asosiasi kampus ilmu teknologi se-Indonesia itu. Dirinya juga siap bekerja maksimal sesuai tupoksi dari bidang kerja yang dipercayakan kepadanya dari DPP APTIKOM.

“Saya sangat mengapresiasi pihak DPP APTIKOM, dalam hal ini Ketua dan Sekjen serta badan formatur yang mempercayakan untuk bersama-sama masuk dalam kepengurusan periode 2022-2026. Tentu sebagai pengurus, kita siap menjalankan tupoksi dalam organisasi dengan maksimal,” ujar Dominicus.

Sejumlah pengurus DPP APTIKOM usai acara pelantikan

Acara pelantikan yang berlangsung relative meriah itu, diakhiri dengan jamuan santap bersama dari Prof Margiati yang juga Rektor Universitas Gunadarma. (Adm)

Facebook Comments Box