Bupati Spei Bidana dan Menteri Sosial Tri Rismaharini saat bertemu di Kantor Kementerian Sosial.

JAYAPURA (PB.COM)Dalam rangka mendukung ekonomi masyarakat di Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan, Kementerian Sosial (Kemensos) RI akan memberikan bantuan 1.000 ekor anakan ternak babi untuk dipelihara dan dikembangkan, khususnya bagi warga yang tak mampu.

Kepastian bantuan itu diperoleh Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana, ST,M.Si saat ia bertemu Menteri Sosial Tri Rismaharini, Kamis, 23 Februari 2023 di Jakarta.

“Kami sudah bertemu Ibu Menteri Sosial dan beliau pastikan akan membantu kami 1.000 ekor anakan ternak babi untuk dibagikan kepada masyarakat. Selain itu, juga akan ada bantuan 1 MW Tenaga Surya untuk RSUD Oksibil dan jaringan internet untuk SIM RS, Penerangan Jalan Utama di Oksibil dan pembangunan rumah bantuan,” kata Bupati Spei kepada media, Selasa, 28 Februari 2023.

Menurut Bupati, terkait teknis pembagian bantuan ternak ini, Kementerian Sosial akan membeli anakan ternak babi dari masyarakat peternak di Kabupaten Pegunungan Bintang. Kemensos menyediakan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk bantuan ternak ini.

“Jadi ekonomi masyarakat juga berputar. Anak babi dibeli dari masyarakat dan nanti dibagikan juga ke masyarakat. Satu ekor anak babi Rp 2 juta. Nanti akan dibagi rata untuk 34 distrik, tiap distrik 29 ekor,” kata Spei yang kini menjabat Ketua DPD PDI Provinsi Papua Pegunungan ini.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengapresiasi kedatangan Bupati Spei Bidana ke kantornya dan menyatakan siap akan membantu Pegunungan Bintang.

“Salam untuk saudara-saudariku di seluruh wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang. Saya selaku Menteri Sosial beserta seluruh jajaran berterima kasih atas kunjungan Bapak Bupati. Kita akan bersama-sama melakukan suatu perubahan di Pegunungan Bintang. Tapi perubahan ini tidak dilalukan kementerian saja atau dan bupati saja, tetapi kita bersama-sama dengan seluruh masyarakat demi kesejahteraan bersama,” kata Tri Rismaharini saat bertemu Bupati Spei Bidana di kantornya. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box