Ketua Careteker KNPI Pegubin Panuel Salawala dan Sekretaris Yance Nawipa saat bersama para pengurus dan pemuda dari berbagai OKP di Sekretariat KNPI Pegubin di Oksibil.

 

OKSIBIL (PB.COM)Ketua Carateker DPD KNPI Korwil Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Panuel Salawala didampingi Sekretaris Yance Nawipa, Selasa pagi, 28 Februari 2023 tiba di Oksibil, ibu kota kabupaten Pegunungan Bintang.

Keduanya dijemput dan diarak menuju Kantor Sekretariat DPD KNPI Pegubin dan bertemu dengan sejumlah pengurus KNPI lainnya yang sudah menunggu.

Panuel Salawala kepada wartawan di Oksibil mengatakan, dirinya bersama rekan-rekannya resmi ditunjuk sebagai pengurus carateker oleh Sekretaris KNPI Provinsi Papua Yulans F. Wenda pada 20 Februari 2023 lalu. Mereka menjalankan tugas yang diberikan selama enam bulan ke depan guna menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Kabupaten Pegubin.

Ketua Careteker KNPI Pegubin Panuel Salawala (kanan) dan Sekretaris Yance Nawipa.

 

“Sesuai dengan AD/ART KNPI, kami diberikan tugas enam bulan untuk merangkul pemuda dalam mempersiapkan sejumlah hal guna menggelar Musda tingkat kabupaten, mulai dari konsolidasi, organisasi antar OKP, dan pemuda tingkat distrik, juga lembaga-lembaga mitra lainnya,” tuturnya.

Menurut Salawala, KNPI bukanlah organisasi baru di Pegubin melainkan organisasi tertua yang telah ada sejak kabupaten ini ada hingga saat ini. Hanya saja, dalam beberapa tahun terakhir, organisasi ini vakum akibat dinamika yang terjadi dalam internal maupun eksternal organisasi, dimana terjadinya dualisme kepengurusan KNPI sejak dari pengurus pusat.

“Kehadiran kami disini tentu akan merangkul seluruh pemuda, OKP dan juga masyarakat Kabupaten Pegunungan Bintang untuk dapat bersinergi dalam membangun semangat kebersamaan pemuda di Bumi Okmin tercinta,” tegasnya.

Ia berharap, Pemda Pegubin menerima dan mendukung kehadiran mereka guna memperlancar agenda kepemudaan dalam rangka melakukan konsolidasi dan menyukseskan kegiatan Musda KNPI untuk memilih pengurus defenitif yang baru.

Sementara itu, Sekretaris Caretaker KNPI Pegubin Yance Nawipa menuturkan, penunjukan mereka sebagai pengurus carateker berdasarkan petunjuk dan keputusan Kementerian Hukum dan Ham Republik Indonesia tentang kejelasan kepenguruan organiasi KNPI dari pusat hingga daerah.

Sekretaris Careteker KNPI Pegubin Yance Wenda (kanan)

 

Oleh karena itu, ia meminta para pemuda Pegubin tidak perlu ragu soal penunjukan kepengurusan carakteker KNPI yang tengah mereka emban ini dan bersatu menyukseskan Musda KNPI mencari pengurus baru.

“Saya mengajak seluruh pemuda dan OKP yang ada untuk bersatu, bergandeng tangan untuk mengikuti tahapan-tahapan yang disiapkan menjelang Musda KNPI Pegunungan Bintang ke depan,” kata Yance yang juga mantan Ketua Bawaslu Pegubin ini. (Rano/Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box