Suasana pertemuan Bupati Spei Yan Bidana dan Wabup Kris Uropmabin, para kepala distrik, dan OKP bersama Kapolres dan Danramil di Polres Pegubin, Selasa, 7 Maret 2023.

 

OKSIBIL (PB.COM)—Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Provinsi Papua Pegunungan pada 12 April 2023 mendatang genap berusia 20 tahun. Kabupaten yang dimekarkan dari Jayawijaya dan kini memiliki 34 distrik dan 277 kampung kini sedang mendapat sorotan terkait keamanan setahun terakhir.

Dalam rangka menyongsong HUT ke-20 tahun ini, Pemda Pegubin berencana menggelar sejumlah perlombaan dan pertandingan olahraga, di antaranya sepak bola dan bola voley.

Oleh karena itu, pada Selasa, 7 Maret 2023, Bupati Spei Yan Bidana, ST,M.Si dan Wakil Bupati Kris Bakweng Uropmabin, ST bersama 34 kepala distrik dan OKP bertemu dengan Kapolres Pegubin dan pimpin TNI di Mapolres.

Bupati Pegubin, Spei Yan Bidana, ST,M.Si

 

“Jadi kami ke sini untuk menyampaikan hasil kesepakatan dalam rapat dengan  beberapa kepala dinas, 34 kepala distrik,  Ketua KNPI, Ketua GAMKI dan Pemuda Katolik bahwa kami siap bekerja sama dengan pihak TNI/Polri untuk mengamankan dan menyukseskan pertandingan, mulai dari jelang persiapan hingga hari puncak,” ujar Bupati Spei Bidana.

Menurut Spei, kegiatan perlombaan dan pertandingan akan melibatkan para pemuda dan masyarakat dari 34 distrik. Oleh karena itu, rencananya Pemda bersama komponen pemuda akan memetakan penampungan di Kota Oksibil. Tujuannya agar mempermudah aparat keamanan untuk memantau dan mengontrol setiap pergerakan pemuda guna menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

“Yang membuat situasi kondisi daerah kita aman dan tidaknya ada di pemuda. Kami bersama pemuda sudah komit akan mengawal kegiatan-kegiatan yang akan kita mulai beberapa hari ke depan. Jadi kami sudah memberikan kesempatan untuk pemuda adakan pertandingan-pertandingan memeriahkan HUT kabupaten, sekaligus untuk hilangkan rasa trauma kejadian yang beberapa waktu lalu itu,” tutur politisi PDI Perjuangan ini.

Orang Pegubin Yang Jaga Kamtibmas

Wakil Bupati Kris Bakweng Uropmabin, ST dalam rapat itu mengatakan, persoalan keamanan sesungguhnya tercipta jika setiap individu masyarakat Pegunungan Bintang menyadari dan merefleksikan dirinya, apakah ia bisa berkontribusi bagi sesamanya untuk menciptakan keamanan atau tidak.

Wabup Pegubin Kris Bakweng Uropmabin, ST

 

“Saya ada untuk siapa dan apakah diri saya aman atau tidak? Ini menjadi pertanyaan dasar yang harus dipahami setiap orang asli Pegunungan Bintang. Pembangunan di wilayah kita ini akan sukses jika keamanan dapat kita ciptakan bersama,” tegas Kris.

“Seperti yang disampaikan oleh Bapak Bupati tadi bahwa APBD akan naik dan kami dua sebagai pimpinan daerah bisa menghadirkan pembangunan ketika keamanan tercipta. Yang bisa menentukan Pegunungan Bintang aman atau tidak ya tergantung kita orang Pegunungan Bintang sendiri. Untuk itu, di momen ini, saya mengajak seluruh elemen masyarakat menjalankan perannya masing-masing untuk menjaga keamanan sepanjang perayaan ulang tahun kabupaten kita,” tegas politisi Golkar Pegubin ini.

 

Kapolres Pegubin AKBP M. Dafi Bastomi, S.H.,S.I.K.,M.I.K.

 

Kapolres Pegubin AKBP M. Dafi Bastomi, S.H.,S.I.K.,M.I.K mengatakan, pihaknya siap mendukung seluruh kegiatan menyongsong HUT ke-20 Kabupaten Pegunungan Bintang agar berjalan aman dan sukses.

“Tentunya kami sangat mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat untuk menjaga Kamtibmas di Oksibil agar tetap aman, walaupun kondisi lapangan olahraga tidak memenuhi syarat dan ketentuan hukum. Intinya, kami dari Polres bersama TNI sangat mendukung penuh kegiatan perlombaan menyongsong HUT Kabupaten ini,” tegas Kapolres Davi.

Turut hadir pertemuan itu, 34 kepala distrik, perwira penghubung, sejumlah anggota TNI/Polri, caretaker Ketua KNPI Pegubin, Ketua GAMKI, Ketua Pemuda Katolik Pegubin, dan sejumlah pimpinan OKP. (Aquino Ningdana/Gusty)

Facebook Comments Box