Para pemain sepak bola yang siap melakoni pertandingan eksebisi mengawali turnamen HUT Kabupaten Pegubin yang dibuka Bupati Spei Bidana, Jumat, 10 Maret 2023. Para pemain ini terdiri dari kepala OPD, kepala distrik, dan TNI/Polri.

JAYAPURA (PB.COM)Bupati Pegunungan Bintang (Pegubin), Spei Yan Bidana, ST,M,Si didampingi Wakil Bupati Kris Bakweng Uropmabin, ST secara resmi membuka turnamen sepak bola dalam rangka meriarayakan HUT Kabupaten Pegubin ke-20 yang jatuh pada 12 April 2023 mendatang.

Turut hadir dalam giat yang digelar pada Jumat pagi, 10 Maret 2023 di Lapangan Sepak Bola Kabiding, Distrik Oksibil ini, jajaran Forkopimda di antaranya Kapolres Pegubin AKBP Moh. Dafi Bastomi, Pabung Kodim 1715/Yahukimo Mayor Arh Soni B.S. Simanjuntak, dan sejumlah kepala OPD di lingkup Pemda Pegubin.

Bupati Spei Bidana saat memberi keterangan kepada wartawan.

“Turnamen ini kita gelar semata-mata untuk mesyukuri kehadiran Kabupaten Pegunungan Bintang. Untuk bisa terbentuknya kabupaten ini tidaklah mudah. Ini berkat perjuangan para pendahulu. Kita bisa bertumbuh dan bermanfaat, itu hanya melalui kabupaten ini. Untuk itu saya minta semua pihak menjaga keamanan agar turnamen ini berjalan sukses,” kata Spei Bidana kepada media di sela-sela pembukaan turnamen.

Menurut Politisi PDI Perjuangan ini, turnamen ini juga menjadi ajang untuk mencari bibit-bibit atlit sepak bola dan bola voley baik putra maupun putri di Bumi Okmin, sekaligus melahirkan talenta-talenta seni untuk berkreasi dan berinovasi yang selama ini terpendam.

Bupati Spei Bidana saat memberi keterangan kepada wartawan.

“Kita ini punya potensi besar. Kita harus bisa bangkit dan berinovasi. Yang penting kuncinya adalah keamanan. Bukan saja untuk momen menjelang ulang tahun kabupaten ini saja, tetapi juga untuk pembangunan berkelanjutan,” tuturnya.

Spei menambahkan, mayarakat harus tahu bahwa akibat kondisi keamanan yang tidak stabil setahun sebelumnya, proyek pembangunan bidang infrastruktur, terutama jalan darat Jayapura-Oksibil sempat terhenti. Hal ini tentu sangat merugikan rakyat Pegubin sendiri.

“Dan keamanan itu jadi tanggung jawab setiap pribadi kita, orang per orang untuk menjaganya. Bukan semata tugas institusi TNI/Polri. Karena kita orang Pegunungan Bintang tidak punya tempat untuk bisa cari hidup, kecuali dusun kampung kitas sendiri Pegunungan Bintang,” tegasnya.

Bupati Spei juga mengajak seluruh komponen dan masyarakat yang ada di Pegubin untuk turut serta mengambil bagian secara positif untuk memeriahkan HUT kabupaten tercinta ini.

Untuk diketahui, Kabupaten Pegunungan Bintang dimekarkan dari Kabupaten Jayawijaya pada 12 April 2003. Saat ini, Pegubin terdiri dari dari 34 distrik dan 277 kampung dan masuk dalam DOB Provinsi Papua Pegunungan. (Gusty Masan Raya/VBP)

Facebook Comments Box