Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua Pegunungan Spei Yan Bidana (tiga dari kanan) saat foto di sela-sela Rakor Pembahasan Bacaleg PDIP di Timika, Kamis, 23 Maret 2023.

JAYAPURA (PB.COM)—Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Papua Pegunungan, Spei Yan Bidana, ST,M.Si didampingi sejumlah pengurus dan kader menghadiri Rapat Koordinasi Pembahasan Usulan Bakal Calon Anggota Legislatif PDI Perjuangan Tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota Wilayah Papua, Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan di Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Kamis, 23 Maret 2023.

Kepada wartawan usai giat Rakor Bacaleg itu, Spei Bidana menegaskan dalam perhelatan Pemilihan Legislatif (Pileg) yang berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang, pihaknya menargetkan untuk meraih 14 kursi DPR Papua Pegunungan.

Spei Bidana didampingi sejumlah pengurus saat menjawab wartawan di Timika.

“Kami targetkan 14 kursi dimana setiap kabupaten 2 kursi. Provinsi Papua Pegunungan ada 8 kabupaten tapi 7 dapil, dimana ada dua kabupaten yang gabung jadi satu Dapil yaitu Mamberamo Tengah dan Yalimo,” tegas Spei Bidana kepada wartawan di Gedung Eme Neme Yauware, Timika.

Menurut Spei, pihaknya optimis bisa meraih jumlah target perolehan kursi ini dan sudah memerintahkan semua Ketua DPC di Papua Pegunungan untuk bekerja keras mulai dari sekarang.

“Waktu sudah dekat, saya meminta semua pengurus harus mulai bekerja. Hanya dengan meraih target ini, kita bisa ikut berperan besar membangun dan meletakkan dasar Provinsi Papua Pegunungan yang baru ini selama lima tahun ke depan,” tegas pria kelahiran 22 Maret 1977 ini.

Spei menjelaskan, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2023, Provinsi Papua Pegunungan memiliki alokasi 45 kursi DPRD yang terbagi ke dalam tujuh (7) Daerah Pemilihan (Dapil). Rinciannya, Dapil 1 (Kabupaten Jayawijaya) ada 8 kursi, Dapil 2 (Kabupaten Lanny Jaya) ada 6 kursi, Dapil 3 (Kabupaten Nduga) ada 4 kursi, Dapil 4 (Kabupaten Tolikara) ada 8 kursi, Dapil 5 (Kabupaten Mamberamo Tengah dan Yalimo) ada 5 kursi, Dapil 6 (Kabupaten Yahukimo) ada 10 kursi dan Dapil 7 Pegunungan Bintang terdapat 4 kursi.

Spei Bidana yang juga adalah Bupati Pegunungan Bintang ini resmi dilantik oleh Ketua Bidang Kehormatan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Komarudin Watubun, SH,MH sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Papua Pegunungan pada Senin, 6 Februari 2023 di Gedung Aitosa GKI Betlehem, Wamena.

Ikut dilantik sejumlah pengurus inti DPD, di antaranya empat Wakil Ketua (Waket) DPD yakni Marthin Yogobi, SH,M,Hum sebagai Waket Bidang Kehormatan Partai, politisi senior asal Lanny Jaya Briur Wenda sebagai Waket Bidang Keangotaan dan Organisasi, Iranius Wanimbo, SH selaku Wakil Ketua Bidang Pemenang, dan Bertus Asso sebagai Waket Bidang Ideologi dan Kaderisasi. Sementara Sekretaris DPD PDIP Papua Pegunungan dijabat oleh Ignasius Hasim, S.Ag. (Gusty Masan Raya)

 

Facebook Comments Box