JAYAPURA (PB.COM)—Pejuang Kemanusiaan, Gabriel Goa menilai alm. Agus Bidana, ayahanda dari Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana, ST,M.Si adalah pahlawan pendidikan dan kesehatan bagi bumi Aplim Apom karena memiliki jasa yang besar bagi masyarakat di wilayah itu. Sebab dari didikannyalah, sejumlah putra-putri terbaik dan para cucu kini bisa menjadi bupati dan pejabat.

“Bagi saya, Bapak Agus Bidana adalah pahlawan pendidikan dan kesehatan. Umur panjang dan kesehatan terjaga karena selama hidupnya, beliau menikmati makanan alami tanpa unsur kimia dan menikmati alam yang tidak tercemar akibat industrI pabrik dan sebagainya. Bapa Agus telah mengantar anak-anaknya dan cucu-cucunya mengenyam pendidikan tinggi dan sukses menjadi pejabat hari ini,” kata Gabriel melalui pesan whatsApp yang diterima redaksi, Rabu, 5 April 2023 malam.

Menurut Gabriel, anugerah usia 105 tahun bagi Bapak Agus Bidana adalah berkat Tuhan yang patut disyukuri. Sebab di masa itulah, almarhum telah menggunakan waktu dengan baik untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi anak-anaknya melalui pendidikan sejak SD hingga perguruan tinggi.

“Ini patut dijadikan contoh bagi para orang tua Asli Papua. Kegigihan Bapak Agus Bidana dari kampung terpencil dengan segala keterbatasan, hanya bisa jalan kaki tanpa naik motor atau mobil untuk membesarkan anak-anaknya, namun bisa sukses menjadikan salah seorang anaknya bupati dan tiga anak lain dan satu cucu jadi kepala OPD di Pegunungan Bintang,” tutur Ketua KOMPAK ini.

Gabriel berharap kepergian Bapak Agus Bidana ini menjadi momen bagi Bupati Spei sekeluarga untuk terus mewariskan nilai-nilai pendidikan yang telah mereka terima dan menjadikannya sebagai modal semangat untuk giat membangun dan mempersiapkan SDM Pegubin lebih baik lagi ke depan.

“Dari kampung kecil dan terisolir di Kiwirok, Bapak Agus  Bidana telah melahirkan generasi-generasi hebat. Sudah saatnya Bupati Spei mempercepat pembangunan SDM di Perguruan Tinggi Okmin, mengelola kekayaan sumber daya alam secara arif bijaksana, membuka akses jalan-jalan menuju kampung dan distrik, dan menyediakan jaringan listrik, telekomunikasi, air bersih dan perumahan. Selamat Jalan Pahlawan Pendidikan dan Kesehatan Papua. Bahagia abadi di Rumah Bapa di Surga,” tutur Gabriel.

Sebagaiman diberitakan sebelumnya, Agus Bidana meninggal pada Jumat, 31 Maret 2023 di Dusun Aiphikin, Kampung Apom, Distrik Kiwirok. Beliau meninggalkan tujuh orang anak dan puluhan cucu, dimana salah satunya ialah Spei Yan Bidana yang sejak 3 Maret 2021 menjadi bupati Pegubin.

Selain itu, terdapat tiga putranya yang kini menduduki pimpinan OPD di Pegubin yakni Decky Bidana (anak keempat) yang saat ini menjabat Kepala Dinas Kebudayaan, Kepala Badan Pengelola Perbatasan Elix Bidana (anak kelima), dan Gerald Octoviaen Bidana (anak kedelapan) yang saat ini menjabat Kepala BRIDA.

Terdapat juga dua orang cucu yakni Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Ibu Milka Mabel dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Pegubin Paul Mabel, yang saat ini ada dalam jajaran birokrasi Pegubin. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box