Suasana pertemuan Pengurus PRUI Pegunungan Bintang dan Jayawijaya di Jayapura, Rabu, 24 Mei 2023.

JAYAPURA (PB.COM)Sejumlah pengurus Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) dari Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) dan Jayawijaya mengggelar pertemuan dengan Ketua Umum PRUI Provinsi Papua, Samuel Tabuni di Jayapura, Rabu, 24 Mei 2023.

Pada kesempatan itu, selain mendorong terbentuknya badan pengurus PRUI Provinsi Papua Pegunungan, mereka juga sepakat menetapkan Kris Bakweng Uropmabin, ST yang saat ini menjabat Wakil Bupati Pegubin, menjadi Ketua Umum PRUI Papua Pegunungan.

“Dalam forum pertemuan bersama Ketua Umum PRUI Provinsi Papua Bapak Samuel Tabuni kemarin, kami sudah menyepakati untuk menetapkan Kris Bakweng Uropmabin menjadi Ketua PRUI Provinsi Papua Pegunungan,” ujar Humas PRUI Kabupaten Pegubin, Simon Kalakmabin, S.Ip saat menghubungi papuabangkit.com, Kamis, 25 Mei 2023.

Menurut Simon, pembentukan kepengurusan PRUI Provinsi Papua Pegunungan dilakukan seiring dengan lahirnya Daerah Otonomi Baru (DOB) itu yang meliputi 8 kabupaten yakni Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Tolikara, Nduga, Yalimo, Lanny Jaya dan Mamberamo Tengah.

“Sekaligus juga dalam rangka mempercepat kepengurusan PRUI Provinsi Papua Pegunungan untuk segera menyiapkan Pra PON dan PON Aceh-Sumut,” tutur mantan Kabag Humas Pegubin ini.

Siapkan Atlet ke PON Aceh-Sumut

Kabupaten Pegunungan Bintang adalah salah satu daerah yang menjadi gudang atlit Rugby bagi Papua dan Indonesia. Oleh karena itu, sejak Kamis, 18 Mei 2023, para pengurus PRUI Kabupaten Pegubin telah melakukan serangkaian kegiatan di Jayapura, di antaranya menggelar konsultasi dan pertandingan ujicoba antara tim Pegubin dan Jayapura.

Menurut Simon Kalakmabin, kegiatan ini bertujuan menyiapkan para atlet Rugby menuju ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Provinsi Nangroe Aceh Darusallam-Sumatera Utara (Aceh-Sumut) yang akan digelar pada 2024 mendatang.

Tim Rugby Pegubin dan Kabupaten Jayapura sebelum menggelar pertandigan ujicoba.

Adapun pengurus Cabor Rugby Pegubin yang ikut dalam kegiatan ini yakni Aris Dikibin (Ketua PRUI Pegubin), Simon Kalakmabin, S.Ip (Humas PRUI Pegubin), dan bendahara Piter Tapyor. Pada Kamis, 18 Mei 2023, mereka bertemu dengan Ketua PRUI Kabupaten Jayapura Fans Yoku dan coach Roland Marweri dalam rangka mengkoordinasikan persiapan para atlet Papua Pegunungan menuju PON Aceh-Sumut 2024.

“Para pengurus PRUI Kabupten Jayapura menyambut baik kehadiran kami dan mengapresiasi terkait banyaknya atlet dan talenta-talenta Rugby di Pegunungan Bintang. Mereka siap mendukung kami untuk lakukan penjaringan atlet sehingga bisa menjadi pemain professional dan membela Papua Pegunungan di Pra PON dan PON nanti. Mereka juga mendukung kami menjadi tuan rumah Kejurda Rugby dan siap mendorong pengurus Rugby Pegubin menjadi pengurus PRUI Provinsi Papua Pegunungan,” tutur Simon Kalakmabin usai menghadiri pertemuan di Kafe Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura.

Sementara pada Jumat, 19 Mei 2023, para pengurus PRUI Pegubin dan pengurus PRUI Jayapura menyaksikan pertandingan ujicoba antara Tim Rugby Pegubin putra dan putri dengan tim Kabupaten Jayapura.

“Pertandingannya berlangsung di lapangan Rugby belakang Pos Militer Angkatan Udara Sentani Kabupaten Jayapura. Pak Ketua PRUI Jayapura bapak Frans Yoku, coach Roland Marweri, dan coach Toberi Buinei turut hadir menyaksikan uji coba ini,” tutur Simon. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box