Ribuan umat Katolik di Dekenat Pegunungan Bintang menyambut Uskup Jayapura, Mgr. Yanuarius Theofilus Matopai You, Pr di Oksibil, Jumat, 26 Mei 2023.

JAYAPURA (PB.COM)—Pemerintah Daerah Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) bersama ribuan umat Katolik di Dekenat Pegunungan Bintang menyambut kunjungan perdana Sang Gembalanya, Uskup Jayapura Mgr. Yanuarius Theofilus Matopai You, Pr pada Jumat, 26 Mei 2023.

Sejak pagi, ribuan umat telah memadati Bandara Oksibil menjemput Uskup Yan You yang tiba dengan pesawat AMA. Sukacita iman terpancar dari wajah umat yang penuh antusias menyambut putra asli Papua pertama yang ditahbiskan menjadi Uskup Jayapura pada Kamis, 2 Februari 2023 ini.

Bupati Pegunungan Bintang, Spei Yan Bidana, Wakil Bupati Kris Uropmabin, Kapolres AKBP. Muhamad Dafi Bastomi, dan Ketua Dewan Adat Yohanes Kakyarmabin saat menyambut Uskup Yan You.

Turut hadir menyambut Uskup Yan, Bupati Pegubin, Spei Yan Bidana ST.M.Si, Wakil Bupati Kris Bakweng Uropmabin, ST, Ketua Dewan Adat Yohanes Kakyarmabin, Pastor Deken Dekenat Pegubin RD James Kosay, Pr, Kapolres Pegubin AKBP. Muhamad Dafi Bastomi S.IK, M.HK, para kepala OPD Pemda Pegubin, serta sejumlah unsur Forkopimda dan tamu undangan lain.

Usai penyambutan dan pengalungan tas noken dan penyerahan kapak batu oleh Ketua Dewan Adat Yohanes Kakyarmabin, Yang Mulia Uskup Jayapura Mgr. Yan You diarak dari Bandara Oksibil menuju Gereja Katolik Roh Kudus Mabilabol.

Umat Katolik Pegubin menjemput Uskup sejak dari turun pesawat di Bandara Oksibil.

Menariknya, tak hanya umat Katolik saja tetapi juga sejumlah besar umat Kristen dari denominasi gereja lain maupun umat Muslim ikut menyambut dan mengarak Uskup Yan You yang tiba perdana di Bumi Okmin.

Sejak ditahbiskan oleh Nuncio Apostolic Archbishops-Duta Besar Tahta Suci Vatikan Untuk Indonesia Mgr. Piero Pioppo, Mgr. Yan You memang baru pertama kali ini mengunjungi Dekenat Pegunungan Bintang.

Ribuan umat Katolik mengarak Uskup Yan You ke Gereja Katolik Roh Kudus Mabilabol.

Sesuai jadwal, Uskup Yan You akan memimpin Misa Hari Raya Pentakosta pada Minggu, 28 Mei 2023 di Gereja Katolik Paroki Roh Kudus Mabilabol.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang dan juga seluruh umat Katolik di Dekenat Pegunungan Bintang, kami ucapkan selamat datan di Bumi Aplim Apom. Kami percaya, kunjungan Bapa Uskup akan membawa berkat bagi negeri kami,” kata Bupati Pegubin, Spei Yan Bidana.

Uskup Pertama Asli Papua

Uskup Jayapura, Mgr. Yanuarius Theofilus Matopai You, Pr adalah uskup pertama Asli Papua yang ditahbiskan oleh Nuncio Apostolic Archbishops-Duta Besar Tahta Suci Vatikan Untuk Indonesia Mgr. Piero Pioppo, Kamis, 2 Februari 2023. Uskup Yan menggantikan Mgr. Leo Laba Ladjar, OFM yang memasuki masa pensiun atau emeritus.

Uskup Jayapura Mgr. Yanuarius Teofilus Matopai You, Pr.

Acara pentahbisan Uskup Yan yang digelar di Gereja Katedral Jayapura, berlangsung sangat meriah. Sejumlah pihak turut mengambil bagian memberikan donasi, termasuk Pemerintah Daerah Pegunungan Bintang.

Dua hari sebelum pentahbisan, Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana bersama puluhan kepala OPD menyerahkan dana hibah sebesar Rp 1 miliar dan 50 ekor babi kepada Panitia Tahbisan Uskup Jayapura di kompleks Gereja Katedral.

 

Bupati Spei mengatakan, sebagai salah satu kader dan umat Katolik Keuskupan Jayapura, ia merasa bangga atas ditahbiskannya Uskup Yan You yang menjadi tonggak sejarah kebangkitan Gereja Katolik di Tanah Papua.

“Hadirnya Uskup Orang Asli Papua pertama ini bukan saja kegembiraan iman kita orang Katolik saja, tetapi juga seluruh denominasi gereja di Papua bahwa telah terwujud doa dan harapan kita. Semoga dengan momen ini, iman kita sebagai orang Kristen di Papua terus bertumbuh dan berkembang,” kata ujar Bupati Spei pada 31 Januari 2023.

Uskup Yan You memberi berkat sepanjang jalan saat diarak dari Bandara Oksibil.

Uskup Yanuaris Teofilus Matopai You, Pr lahir di Kampung Uwebutu, Kabupaten Paniai, 1 Januari 1969. Putra dari pasangan Lukas You dan Rosalina Tatogo ini ditahbiskan menjadi imam projo Keuskupan Jayapura, 16 Juni 1991 oleh Uskup Jayapura, Mgr. Herman Munninghoff, OFM di Nabire. Saat ini, ia dipercayakan menjadi Ketua Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT) Fajar Timur, Abepura.

Usai menerima Sakramen Imamat dan ditahbiskan menjadi imam diosesan Keuskupan Jayapura, Pastor Yan ditugaskan sebagai pastor paroki di sejumlah tempat dan karya lainnya sebagai berikut. Mulai dari Pastor Paroki Gereja Kristus Cahaya Dunia di Yiwika (1991-1997), pindah ke Gereja St. Willibrordus di Arso sekaligus Pastor Dekenat di Keerom (1998-2002), dan menjadi Vikjen Keuskupan Jayapura sekaligus pastor paroki Gereja Katedral Jayapura (2002-2006).

Sepanjang 2007-2010, ia mendapat tugas belajar di Universitas Negeri Yogyakarta untuk studi psikologi. Sekembalinya dari studi, Pastor Yan berkarya sebagai dosen di STFT Fajar Timur sekaligus berkarya di lingkup Seminari Tinggi St. Yohanes Maria Vianney Jayapura (2011-2018).

Sejak 2015, ia juga dipercayakan menjadi Ketua Komisi Pendidikan Keuskupan Jayapura sekaligus Ketua Yayasan STTK hingga sekarang. Tahun 2022 hingga kini, ia juga menjabat Ketua STFT Fajar Timur sekaligus Direktur Seminari Tinggi St. John Mary Vianney.

Pada 29 Oktober 2022, Nuncio Apostolic Archbishops-Duta Besar Tahta Suci Vatikan Untuk Indonesia Mgr. Piero Pioppo menyampaikan kabar atas terpilihnya Yan You sebagai Uskup Jayapura. (Meky Uropmabin/Aquino Ningdana/Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box