Bupati Spei Yan Bidana saat menyerahkan bantuan beras kepada Asrama Susteran St. Lusia di Oksibil, Minggu, 28 Mei 2023.

JAYAPURA (PB.COM)—Pemerintah Daerah Kabupaten Pegunungan Bintang (Pemda Pegubin), Provinsi Papua Pegunungan melalui dinas terkait menyalurkan bantuan beras  kepada empat paroki yang ada di Dekenat Pegubin guna mendukung kunjungan Uskup Jayapura, Mgr. Yanuarius Theofilus Matopai You, Pr selama sepekan.

“Untuk Paroki Roh Kudus, kita sudah serahkan 2 ton guna mendukung acara hari ulang tahun paroki hari ini. Kemudian untuk Paroki Iwur 1 ton sudah kita serahkan. Esok rencananya 1 ton untuk Paroki Abmisibil di Okbibab, dan 700 kg untuk Paroki Oklip,” kata Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana, ST,M.Si kepada papuabangkit, Minggu, 28 Mei 2023.

Menurut Bupati Spei, bantuan beras dari Pemda Pegubin ini hanyalah sebagai bahan makanan pendukung. Sebab umat setempat sudah menyiapkan hasil bumi pangan lokal baik ubi, sayur dan ternak babi untuk diolah dan dimakan bersama.

“Di Paroki Mabilabol saja, hari ini seluruh umat sampai sumbang 60 ekor babi. Luar biasa. Itu sebagai wujud iman mereka. Bapa Uskup sangat bahagia atas sambutan umat yang luar biasa. Tadi saat misa, beliau berkat anak-anak sampai dua jam karena ada ribuan anak,” ujar Spei per telepon seluler dari Oksibil.

Ia menegaskan, kunjungan perdana Uskup Jayapura yang baru Mgr. Yan You ke wilayah Dekenat Pegubin sangat dinanti-nantikan oleh umat Katolik setempat. Hal itu terbukti dengan antusiasme ribuan umat yang menjemputnya pada Jumat, 26 Mei 2023.

“Bapa Uskup ini sosok yang sangat komit di bidang pendidikan. Karena itu, tentu kami berharap agar umat Kerawam Katolik memberi dukungan finansial untuk perbaikan pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi,” tuturnya.

Selain itu, kata Spei, dirinya sangat mendukung pesan penting Uskup Yan You yang mengajak masyarakat Pegubin menjaga ekonomi keluarga dengan bekerja keras memanfaatkan lahan pertanian dan peternakan.

“Jadi masyarakat harus kerja tanam ubi, tanam kopi, bawang, pelihara ternak. Beliau bilang semua ada di tanah, jadi harus kelola tanah untuk hidup,” katanya.

Selain bantuan ke paroki, Pemda Pegubin juga menyerahkan bantuan beras kepada penghuni Asrama Putri St. Lusia di Kota Oksibil, Bantuan diserahkan langsung Bupati Spei Bidana kepada penghuni dan pengelola asrama dari Kongregasi Suster Fransiskan St. Lusia (KSFL), Minggu, 28 Mei 2023.

“Kami serahkan bantuan ini sebanyak 300 kilogram kepada para penghuni sebagai wujud kepedulian kepada dunia pendidikan. Besar harapan bisa membantu kebutuhan pangan selama dua tiga bulan ini untuk menopang studi anak-anak,” kata Bupati Spei.

 Ia membeberkan, rencananya tahun 2024, Pemda Pegubin akan melakukan revitalisasi asrama putra dan putri di Oksibil baik Katolik maupun GIDI sebagai bagian dari Visi Cerdas untuk menyiapkan SDM di Bumi Okmin. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box