Direktur RSUD Jayapura drg. Aloysius Giyai, M.Kes saat hadir pada acara Halal Bi Halal Ikatan Keluarga Flobamora Kota Jayapura, Minggu, 28 Mei 2023.

JAYAPURA (PB.COM)—Ikatan Keluarga Flobamora (IKF) Kota Jayapura, Provinsi Papua, menggelar acara Halal Bi Halal 1444 Hijryah, Minggu, 28 Mei 2023 di Aula Dinas Sosial Kamkey. Ratusan warga asal NTT yang berdomisili di Kota Jayapura, Sentani dan Keerom hadir untuk membangun silahturami dan tali persaudaraan di tanah perantauan.

Sejumlah tokoh Papua juga diundang hadir pada acara itu. Di antaranya mantan Walikota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano selaku Penasihat IKF Kota Jayapura, Direktur RSUD Jayapura drg. Aloysius Giyai, M.Kes, birokrat senior Port Numbay Musa Youwe, dan anggota DPR Papua Yonas Nussy.

Aloysius Giyai kepada wartawan usai acara itu menyampaikan kesan dan harapan kepada seluruh warga Flobamora di Papua, khususnya di Kota Jayapura.

drg. Aloysius Giyai, M.Kes

Menurutnya, salah satu nilai positif yang diwariskan warga Flobamora sejak dulu ialah kuatnya semangat toleransi dan kerukunan antarumat beragama. Maka tidak heran, orang menyebut NTT sebagai Nusa Terindah Toleransi.

“Paguyuban Flobamora itu dari dulu terkenal dengan toleransi antarumat beragama. Saya sudah selalu ikuti acara Halal Bi Halal Flobamora seperti ini. Misalnya seperti kali ini, yang jadi Ketua Panitia adalah Pendeta. Sedanɡkan nanti di acara Natal Bersama, yanɡ jadi Ketua Panitia adalah haji atau umat muslim. Saya kira ini contoh yang patut ditiru oleh siapapun,” kata Aloysius Giyai.

Menurut Alo, sikap toleransi selalu berpijak pada kasih dan perdamaian. Oleh karena itu, ia menegaskan sikap ini harus terus dipupuk dan diwariskan kepada generasi muda Flobamora di Papua di tengah ancaman rasisme, radikalisme dan sikap individulistik.

“Sebagai orang yang dekat dengan keluarga Flobamora, saya turut merasa bangga karena bisa melihat teladan toleransi dan persaudaran sejati yang dibangun di atas perbedaan agama dan suku,” katanya.

Pria yang pernah berkunjung ke NTT ini juga berharap, kesan baik yang disematkan kepada warga Flobamora yang selalu cinta damai dan minim melakukan tindakan kriminalitas, harus terus dijaga oleh anak-anak muda.

“Saya juga mengapresiasi Bapak Tomi Mano sebagai Penasihat Flobamora yang selalu memberi warna tersendiri bagi Flobamora. Beliau adalah tokoh hebat yang dimiliki Tanah Papua. Juga terima kasih kepada Ketua Flobamora Kota Jayapura Bapak Stanis dan Ketua Panitia yang sudah mengundang saya. Kiranya kita senantiasa menjaga tali persaudaraan lintas budaya ini dan tanpa memandang suku dan agama,” tutur Alo yang juga mantan Kepala Dinas Kesehatan Papua ini. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box