Pengurus PRUI Pegubin foto bersama Ketua PRUI Provinsi Papua Samuel Tabuni dan para pemain sesaat sebelum laga persahabatan.

JAYAPURA (PB.COM)Pengurus Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) mengapresiasi pengurus PRUI Provinsi Papua dan Kabupaten Jayapura yang menggelar pertandingan laga persahabatan sekaligus uji coba di Lapangan Rugby Silas Papare, Sentani pada Sabtu, 27 Mei 2023.

“Bapak Aris Dikibin selaku Ketua PRUI Pegunungan Bintang sangat berharap, pertandingan persahataban seperti ini sesering mungkin digelar agar para atlet rugby semakin diasah dan terus menjaga kebugaran tubuh,” kata Humas PRUI Pegubin, Simon Kalakmabin, S.IP kepada papuabangkit.com.

Menurut Simon, dirinya dan Ketua PRUI Pegubin Aris Dikibin hadir langsung mendampingi Ketua PRUI Provinsi Papua Samuel Tabuni, SE,M.Si,MA.Jed, dan Ketua Harian George Deda, serta Ketua PRUI Kabupaten Jayapura Fans Yoku untuk menyaksikan laga persahabatan yang berlangsung sepanjang Pkl. 10.00 WIT pagi hingga Pkl. 17.30 sore itu.

Adapun sejumlah klub Rugby yang bertanding yakni Oksibil Yetelas, Base G, Hollandia, Hosobo, Manuai, Black Spartan, Black Mountain, Papua Pegunungan, Siclop, Maoro, Dotox dan Tim Rugby Papua. Pertandingan dipimpin oleh lima wasit yakni Franscois Likumahua, Demi Anderi, Nike Taime, Maria Deda dan Yolanda Sokoy.

“Tim yang memenangkan pertandingan dalam laga persahabatan Rugby 7’s adalah Tim Rugby Papua Putra dan Putri. Sekalipun kalah, tim rugby yang berasal dari Pegunungan Bintang akan terus belajar dan berlatih. Ini momen yang bagus untuk terus semangat melakukan latihan dan membenahi kualitas tim,” ujar Simon.

Sementara itu, Ketua PRUI Provinsi Papua Samule Tabuni mengatakan pertandingan ujicoba ini sebagai bentuk penyegaran tubuh para atlet rugby di semua club di Papua. Selain itu, ini menjadi ajang untuk membangun kekompakan.

Ketua PRUI Provinsi Papua, Samuel Tabuni dan Ketua Harian George Deda.

“Ini awal yang baik untuk kita dorong semangat para atlet terus mengasah skill dengan latihan yang terus menerus. Kalau jarang latihan, nanti urat-urat kendor, bisa terseok-seok di lapangan. Apalagi ke depan kita akan menghadapi PON Aceh-Sumut,” kata Samuel.

Sementara itu menyinggung soal pembentukan pengurus PRUI Provinsi Papua Pegunungan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Wakil Bupati Pegunungan Bintang, Kris Bakweng Uropmabin, ST terkait rekomendasi yang diberikan kepadanya.

“Menyangkut rekomendasi, kita lagi komunikasi dengan Pak Wakil Bupati, beliau akan turun dari Oksibil dan kita akan serahkan secara resmi. Kami berharap nanti beliau bisa mendaftar di KONI Pusat,” urainya.

Samuel juga meminta kepada semua atlet rugby Papua untuk tetap bersatu, tanpa membuat dikotomi orang gunung atau pantai. Sebab olahraga ada sebagai pemersatu segala perbedaan.

“Adik-adik yang sudah terdaftar sebagai atlet di Provinsi Papua, tetap di sini. Bermainlah untuk membanggakan Tanah Papua. Mari kita baku dukung dan saling memperkuat klub dan PRUI antardaerah di Papua,” tegas Samuel. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box