Kepala BPKAD Kabupaten Pegunungan Bintang Jeni Linthin, SH,M,Si  saat menerima penghargaan yang diserahkan oleh Kepala KPPN Jayapura, I Made Ambara Sugama, SE,.M.S.E di Jayapura, Selasa, 20 Juni 2023.

JAYAPURA (PB.COM)Kabar gembira bagi Bumi Okmin, Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Provinsi Papua Pegunungan, khususnya bagi seluruh jajaran birokrasi. Sebab oleh kerja keras mereka dalam pengelolaan keuangan, Pegubin sukses meraih dua penghargaan bergengsi dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI.

“Puji Tuhan kali ini kita dapat dua penghargaan sekaligus yaitu Penghargaan Terbaik Pertama Pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun 2022 dan Penghargaan Terbaik Pertama Pengelolaan Dana Desa Tahun 2022. Ini menjadi kado bagi seluruh masyarakat Pegunungan Bintang,” ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Pegubin, Jeni Linthin, SH,M,Si dihubungi papuabangkit.com melalui telepon selulernya, Selasa, 20 Juni 2023.

Menurut Jeni, kedua penghargaan itu diserahkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jayapura, I Made Ambara Sugama, SE,.M.S.E dan diterima langsung oleh dirinya di Jayapura, Selasa, 20 Juni 2023.

“Dengan penghargaan ini, artinya ada kemajuan besar dalam pengelolaan keuangan di Pegunungan Bintang. Sebab, tahun lalu kita meraih peringkat ketiga terbaik dalam pengelolaan DAK fisik 2021, sekarang sudah naik menjadi terbaik pertama. Sementara dana desa, kita tahun lalu tidak dapat penghargaan tapi langsung naik menjadi terbaik pertama,” tutur Jeni.

Pada kesempatan itu, mantan Sekretaris Dewan DPRD Pegubin ini juga berterima kasih dan memberikan apreasiasi yang tinggi kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajarannya yang telah memberi dukungan kepada BPKAD dengan tertib administrasi pelaporan keuangan daerah sehingga bisa meraih dua penghargaan ini sekaligus.

“Saya berharap, penghargaan ini tetap dipertahankan di tahun depan dan memacu semangat kita untuk membangun Pegunungan Bintang. Kami juga berterima kasih kepada Bupati Spei Yan Bidana dan Wakil Bupati Kris Bakweng Uropmabin atas segala dukungan kepada kami selama ini,” kata Jeni.

Selain dua penghargaan di atas, lanjut Jeni, saat ini Kabupaten Pegunungan Bintang juga mencatat rekor berada di urutan pertama tercepat dalam Penyampaian Syarat Salur Otsus Tahap I, baik itu Dana Otsus 1 % (blockgrant), Dana Otsus 1,25 % (specific grant) maupun dana tambahan infrastruktur. Setelah Pegubin, menyusul Kabupaten Biak Numfor, Supiori, dan Kota Jayapura.

Sedangkan berdasarkan data sementara Monitoring Penyaluruan DAK Fisik 2023 Lingkup KPPN Jayapura per 19 Juni 2023, Kabupaten Pegubin juga masih menduduki urutan tertinggi dalam pencapaiannya, disusul Keerom, Mamberamo Raya, Kabupaten Jayapura, Sarmi dan Kota Jayapura. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box