Para peserta Rakerkesda foto bersama Asisten I Setda Pegubin Nico Uropmabin dan Kepala Dinas Kesehatan Pegubin Seperyanus Kakyarmabin di sela-sela pembukaan di Gedung Serbaguna Gereja Baptis, Rabu, 21 Juni 2023.

OKSIBIL (PB.COM)Dinas Kesehatan Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Provinsi Papua Pegunungan menggelar Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) melibatkan seluruh stakeholder kesehatan di wilayah itu.

Rakerkesda yang berlangsung selama tiga hari di Gedung Serbaguna Gereja Baptis, Distrik Kalomdol ini dibuka secara resmi oleh Asisten I Setda Pegubin, Nicolaus Uropmabin, S.IP,M.Si mewakili bupati pada Rabu, 21 Juni 2023.

Asisten I Setda Pegubin Nico Uropmabin

“Saya mengapresiasi bahwa setelah Rakerkesda tingkat Provinsi Papua Pegunungan di Wamena pekan lalu, Rakerkesda kita ini yang paling pertama dibandingkan 7 kabupaten lainnya. Tujuannya mulia yaitu demi pencapaian Standar Pelayanan Minimal bidang kesehatan tahun 2023-2026. Tetapi saya mau ingatkan, bukan saja Rakeskesda saja yang nomor satu, pelayanan kesehatan bagi masyarakat juga harus nomor satu,” kata Asisten I Setda Pegubin Nico Uropmabin dalam sambutannya.

Menurut Nicolaus, tujuan Rakerkesda ialah agar program kesehatan yang dijalankan selama ini bisa dievaluasi dan ditingkatkan. Selain itu, semua program kesehatan yang ada juga harus dirasionalkan dan dikolaborasikan dengan visi sehat yang dicanangkan oleh Bupati Spei Yan Bidana.

Para peserta Rakerkesda Pegubin.

“Standar Pelayanan Minimal berarti tidak buat program yang muluk-muluk. Sebab ada program yang dibuat tetapi tidak didukung oleh dana, tidak sesuai dengan anggaran yang ditentukan. Karena itu, saya sarankan agar ke depannya membuat program sesuai dengan kebutuhan masyarakat di kampung agar menyentuh langsung mereka sebagai penerima manfaat,” tegas Nicolaus.

Kepala Dinas Keesehatan Kabupaten Pegubin, Seperyanus Kakyarmabin, SKM.NS.M.Kes mengatakan Rakerkesda ini digelar sebagai kelanjutan dari Rakerkesda tingkat Provinsi Papua Pegunungan di Wamena di pekan sebelumnya. Dengan mengusung tema Starategi Capaian Program Kerja Kesehatan Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan, ia berharap semua pihak menyamakan persepsi untuk membangun kesehatan di Bumi Okmin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pegubin, Seperyanus Kakyarmabin.

“Kita yang pertama Rakerkesda tingkat kabupaten, apalagi kita ini berada di perbatasan RI-PNG. Kami tetap optimis dan selalu mengangkat nama baik kabupaten dari sisi kesehatan di tingkat provinsi. Kami juga ucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang yang telah mendukung kami dalam Rakerkesda ini,” tutur Seperyanus.

Sementara itu, penanggungjawab kegiatan M. Iriyanto Pawika, Amkl.SE menjelaskan, tujuan kegiatan Rakerkesda ini adalah sinkronisasi rencana kerja dan strategi capaian program dan Standar Pelayanan Minimal.

“Rencananya, hasil dari kegiatan ini akan disusun buku Penetapan Indikator Dan Defenisi Operasional Dalam Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten Pegunungan Bintang yang sudah dibagikan kepada para kepala Puskesmas,” kata Iriyanto.

Penanggungjawab Kegiatan M. Iriyanto Pawika, Amkl.SE

Menurut Iriyanto, peserta yang ikut dalam kegiatan Rakerkesda ini sebanyak 32 kepala Puskesmas, 3 kepala Pustu, staf Puskesmas, perwakilan dari seluruh Puskesmas, perawat, dokter, tenaga SKM, tenaga gizi, tenaga kesehatan kontrak, serta para kepala bidang, kepala seksi dan staf di lingkup Dinkes Pegubin.

“Hari pertama akan dibahas delapan program prioritas RKU 2023,” tegasnya.

Delapan program itu, antara lain Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi (AKI-AKB), Perbaikan Gizi (Turunkan Angka Stunting), Pencegahan Malaria dan Filariasis (PTM), Pencegahan HIV/AIDS & TBC, ISPA (P2M), Imunisasi (BIAS & BIAN), POSBINDU ( SP2TP), GERMAS, serta Kelas Ibu Hamil, Ibu Balita, Pendampingan Ibu Hamil dan Ibu Nifas (KIA).

Rakerkesda yang berlangsung selama 21-23 Juni 2023 ini menampilkan beberapa narasumber dari Provinsi Papua Pegunungan dan dihadiri oleh sejumlah pimpinan TNI/Polri, Forkopimda dan perwakilan maskapai AMA. (Aquino Ningdana/GMR)

Facebook Comments Box