Penjabat Bupati Sarmi, Markus O. Mansnembra, SH,MM didampingi Direktur RSUD Jayapura, drg. Aloysius Giyai, M,Kes saat mengunjungi pasien asal Kabupaten Sarmi yang tengah dirawat di Ruang Ortopedi rumah sakit tersebut, Senin, 3 Juli 2023.

JAYAPURA (PB.COM)Usai melakukan penanndatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemda Kabupaten Sarmi dan manajemen RSUD Jayapura terkait pelayanan bagi para pasien, Penjabat Bupati Sarmi, Markus O. Mansnembra, SH,MM didampingi Direktur RSUD Jayapura, drg. Aloysius Giyai, M,Kes mengunjungi tiga pasien asal Kabupaten Sarmi yang tengah dirawat di Ruang Ortopedi rumah sakit tersebut, Senin, 3 Juli 2023.

Ikut mendampingi, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Papua, dr. Yoklin Suebu, M.Kes, Wakil Ketua DPRD Sarmi Marco Kopong Lamablawa, Kepala Dinas Kesehatan Sarmi Dorlina Hay, S.Kep bersama sejumlah kepala OPD dan staf serta manajemen RSUD Japapura.

Pantauan papuabangkit.com, Penjabat Bupati Markus Mansnembra berdialog dengan tiga pasien dengan senda guraunya yang khas. Umumnya, mereka adalah pasien korban kecelakaan lalu lintas yang membutuhkan perawatan tulang.

Sekitar dua puluh menit lamanya, Mansnembra dan rombongan berdialog dan bersenda gurau menghibur guna memberi dukungan moril kepada warganya yang sedang dirawat.

“Cepat sembuh agar segera kembali ke Sarmi bertemu anak istri,” kata Mansnembra disambut dengan senyum ceria salah seorang pasien laki-laki.

Pada kesempatan itu, di hadapan para pasien, Markus Mansnembra juga menyampaikan terkait pelayanan kesehatan gratis yang sedang diterima oleh para pasien asal Sarmi, sekalipun mereka dirawat sebelum ditandatanganinya PKS dengan manajemen rumah sakit rujukan tertinggi di Papua itu

“Kami menyampaikan terima kasih kepada pihak manajemen RSUD Jayapura karena walaupun kita belum lakukan MoU tetapi rumah sakit sudah menerima dan melayani para pasien asal Sarmi. Ini sebuah kebijakan yang bagus karena poinnya kita sama-sama ingin selamatkan nyawa manusia,” kata Markus Mansnembra.

Wakil Ketua DPRD Sarmi Marco Kopong Lamablawa mengapresiasi Penjabat Bupati Sarmi dan Dinas Kesehatan setempat yang telah mengambil kebijakan populis di bidang kesehatan.

“Penjabat Bupati sudah berlari untuk meringankan kesehatan masyarakat Sarmi sejak ditandatanganinya PKS tadi. Kami juga apresiasi manajemen RSUD Jayapura yang telah menjadi mitra Pemda Sarmi untuk melayani pasien kita yang tidak mampu,” tegas Marco.

Sementara itu, Direktur RSUD Jayapura drg. Aloysius Giyai, M.Kes meminta kepada para pasien agar fokus dengan pemulihan kesehatannya. Pasalnya, beban biaya sudah ditanggung oleh Pemda Sarmi.

“Kami apresiasi kebijakan Penjabat Bupati Sarmi yang telah menolong warga Sarmi dengan adanya PKS dengan kami di RSUD Jayapura. Semoga hal baik yang dilakukan Pemda Sarmi diikuti oleh Pemda lain di Tanah Papua demi selamatkan Orang Asli Papua,” tutur Aloysius. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box