Bupati Pegubin Spei Yan Bidana (tengah) didampingi Kepala Kantor Regional IX BKN Jayapura, Sabar Parlindungan Sormin dan Ketua Pansel JPT Pratama Pegubin, Nicolaus Uropmabin pada acara pembukaan.

JAYAPURA (PB.COM)Bupati Pegunungan Bintang (Pegubin), Provinsi Papua Pegunungan, Spei Yan Bidana, ST,M.Si secara resmi membuka kegiatan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama atau Eseleon II di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang, Jumat, 21 Juli 2023 di Aula Kantor Regional IX Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Jayapura.

Sebanyak 31 peserta mengikuti seleksi ini untuk mengisi jabatan eselon II pada 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pegubin. Hadir dalam kegiatan pembukaan ini, Kepala Kantor Regional IX Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Jayapura, Sabar Parlindungan Sormin, S.Kom,MMSI dan Ketua Pansel JPT Pratama Pegubin, Nicolaus Uropmabin, S.IP,M.Si.

Bupati Spei Yan Bidana

Bupati Spei Bidana dalam arahannya sebelum membuka kegiatan ini meminta dengan tegas agar para peserta seleksi JPT Pratama ini harus benar-benar menguasai tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) setiap OPD yang dilamar, dan mensinkronkan dengan program kerjanya dengan visi bupati Pegunungan Bintang yakni Menuju Sehat, Cerdas, Mandiri Secara Ekonomi Berbasis Budaya dan Tata Ruang.

“Selama tiga tahun ini, kepemimpinan para kepala dinas ini masih sangat lemah, tidak nampak. Leadership-nya masih lemah. Saya bupati tapi seperti merangkap jadi kepala dinas. Kalau saya tidak gerak, kepala dinas tidak gerak. Semua menunggu bupati. Ini yang salah, tidak boleh terjadi lagi. Setiap kepala OPD harus kreatif, inovatif dan produktif kerja,” kata Bupati Spei Bidana.

Oleh karena itu, Bupati Spei berharap para peserta lelang jabatan harus benar-benar mengikuti proses seleksi jabatan yang sedang berlangsung ini dan tidak boleh menganggapnya sebagai hal formalitas belaka.

“Harusnya para calon kepala dinas ini presentasi di hadapan bupati untuk bisa lihat kemampuannya. Tapi karena itu tidak ada dalam tahapan proses seleksi, intinya yang penting dia harus kusasi visi misi pembangunan yang dicanangkan bupati, yang harus konek dengan tupoksi dan SPM di setiap OPD,” tegas mantan Kepala Bappeda Pegubin ini.

Kepala Kantor Regional IX BKN Jayapura, Sabar Parlindungan Sormin.

Kepala Kantor Regional IX Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Jayapura, Sabar Parlindungan Sormin mengatakan pihaknya mendukung kegiatan seleksi terbuka JPT Pratama Kabupaten Pegunungan Bintang ini dengan menyiapkan tempat dan fasilitas.

“Seleksi terbuka ini juga bagian dari evaluasi kerja. Saya berharap kepada para peserta bisa mengikuti tahapan sampai akhir, tetap semangat, dan tetap jaga kesehatan,” ujar Sabar.

Sesuai jadwal, usai acara pembukaan, para peserta lelang jabatan ini akan mengikuti test psikologi selama 4 jam yang dipimpin oleh Ketua Tim Asesmen dari Lembaga Assessment Center Universitas Cenderarawasih Jayapura Dr. Yosefina Watopa, M.Si.Psikolog.

Ketua Tim Asesmen dari Lembaga Assessment Center Universitas Cenderarawasih Jayapura Yosefina Watopa bersama tiga anggota timnya.

“Berdasarkan Undang-Undang, sebagaimana dalam proses seleksi jabatan tinggi pratama, kami sebagai tim psikologi wajib melakukan tes psikologi kepada peserta asesmen dalam hal ini pejabat eselon II. Saya dan tim, kami ada 4 orang. Kami hanya lakukan test hari ini, hanya 4 jam saja untuk peserta dari Pegunungan Bintang,” kata Yosefina.

Jadwal yang diperoleh papuabangkit.com dari panitia, usai test psikologi, tahapan selanjutnya yang diikuti peserta adalah ujian makalah dan ujian wawancara. Seleksi ini akan ditutup pada Senin, 24 Juli 2023. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box