Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua, Moudy Hermawan menyerahkan TKD Award kepada Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pegunungan Bintang, Jeni Linthin, SH,M,Si, Jumat, 28 Juli 2023 di Kota Jayapura.

JAYAPURA (PB.COM)Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Provinsi Papua Pegunungan, kembali meraih prestasi membanggakan di bidang pengelolaan keuangan daerah.

Sesudah meraih penghargaan Terbaik Pertama Pengelolaan DAK Fisik dan Dana Desa Tahun 2022 dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI dan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI, kini kabupaten yang dipimpin Bupati Spei Yan Bidana, ST,M.Si itu kembali diganjar penghargaan sebagai daerah dengan kinerja terbaik pertama dalam penyaluran Transfer Ke Daerah (TKD) Semester I Tahun 2023 dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Penghargaan bertajuk TKD Award itu diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua, Moudy Hermawan kepada Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pegubin, Jeni Linthin, SH,M,Si, Jumat, 28 Juli 2023 di Kota Jayapura. Giat ini dilakukan di sela-sela Rapat Koordinasi Penyaluran Transfer Ke Daerah.

Menurut Moudy Hermawan, penganugerahan TKD Awards pada semester I tahun 2023 ini sebagai bentuk penghargaan, apresiasi atas kinerja Penyaluran Dana Transfer ke Daerah, prestasi serta kontribusi luar biasa dari pemerintah daerah dan KPPN lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua dalam mewujudkan pembangunan yang berdampak positif bagi kemajuan Papua.

“Penghargaan yang diberikan berdasarkan kinerja penyaluran TKD terbaik bagi Pemda-Pemda sesuai lingkup provinsi masing-masing, termasuk DOB, dimana untuk Provinsi Papua Pegunungan, kinerja penyaluran TKD terbaik pertama diraih oleh Kabupaten Pegunungan Bintang, disusul Lanny Jaya dan Yalimo,” kata Moudy Hermawan dalam siaran pers yang diterima papubangkit.com.

Ia menjelaskan, untuk Provinsi Papua, kinerja penyaluran Transfer Ke Daerah (TKD) terbaik diraih ileh Biak Numfor, disusul Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura; Provinsi Papua Tengah diraih Provinsi Papua Tengah sendiri, disusul Paniai dan Intan Jaya, dan Provinsi Papua Selatan diraih Asmat, disusul Provinsi Papua Selatan dan Merauke.

Sementara itu, kinerja penyaluran Transfer Ke Daerah (TKD) terbaik lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua diraih Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A2 Nabire, disusul Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A1 Jayapura dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A2 Timika

“Penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi semua pihak untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi terbaiknya dalam kinerja Penyaluran Transfer Ke Daerah dan pembangunan daerah,” tegas Moudy .

Kepala BPKAD Pegunungan Bintang Jeni Linthin mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan dan semua pihak yang telah bekerja keras membenahi sistem pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Pegubin sehingga bisa meraih prestasi ini.

“Tentu ini kerja keras semua pihak, terutama teman-teman di seluruh OPD. Mari kita jadikan penghargaan ini sebagai motivasi untuk terus bekerja membangun Pegunungan Bintang yang kita cintai,” kata Jeni.

Sebelumnya, Kabupaten Pegunungan Bintang juga berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2022.

Hasil Opini WTP ini diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Papua Dr. Martuama Saragi, ST,MM,CSFA kepada Ketua DPRD Pegubin Denius T. Uopmabin, S.Hi  disaksiksan Bupati Spei Yan Bidana, ST.M.Si di aula kantor BPK RI Perwakilan Papua Jl. Balaikota No. 2, Entrop, Selasa, 18 Juli 2023 petang.

“Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan oleh BPK RI memberikan opini meraih Wajar Tanpa Pengecualian kepada Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang,” kata Martuama Saragi.

Bupati Spei Yan Bidana ketika itu, mengaku bersyukur karena berkat kerja keras dari tim anggaran dan dinas teknis, Pemda Pegunungan Bintang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

“Intinya, ini hasil penilaian dari apa yang kita kerjakan, itu yang diperiksa. Dan kita memang sejak dua tahun lalu berupaya tertib adminitrasi keuangan sesuai. Memang apa yang menjadi temuan dan catatan-catatan BPK di tahun 2021 banyak yang kita sudah selesaikan, dan itu yang berkontribusi sehingga kita terima WTP tahun ini,” tegas Bupati Spei Bidana saat itu.

Selain WTP ini, pada 20 Juni 2023 lalu, Kabupaten Pegunungan Bintang juga sukses meraih dua penghargaan bergengsi dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI yakni Penghargaan Terbaik Pertama Pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun 2022 dan Penghargaan Terbaik Pertama Pengelolaan Dana Desa Tahun 2022.

“Ini menjadi kado bagi seluruh masyarakat Pegunungan Bintang,” ujar Kepala BPKAD Pegubin Jeni Linthin saat menerima penghargaan itu.

Tiga prestasi lewat torehan penghargaan yang diraih Pemda Pegunungan Bintang ini merupakan sebuah capaian kinerja membangggakan yang patut diapresisi semua pihak. Sebab baru di tahun kedua kepemimpinannya, Bupati Spei Yan Bidana mampu menata dan mengelola keuangan daerah. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box