Sekretaris Daerah Mamteng, Mesir Jikwa, S.AP saat memberikan sambutan pada pembukaan sosialisasi peningkatan kesadaran keluarga dalam mewujudkan rumah sehat dan layak huni serta kesadaran hukum tentang kepemilikan rumah, Sabtu, 5 Agustus 2023.

KOBAKMA (PB.COM)Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng), Provinsi Papua Pegunungan melalui Bagian Kesejahteraan rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Mamteng, Sabtu, 5 Agustus 2023 menggelar kegiatan sosialisasi peningkatan kesadaran keluarga dalam mewujudkan rumah sehat dan layak huni serta kesadaran hukum tentang kepemilikan rumah,

Sosialisasi yang digelar di Kantor Kesbangpol Mamteng di Kota Kobakma ini dibuka secara resmi oleh Sekda Mesir Jikwa, S.AP. Giat ini menghadirkan pemateri Lulus Puji Astuti dari Provinsi Papua Pegunungan tentang rumah layak huni.

Dalam sambutannya, Sekda Mesir Jikwa memberikan apresiasi kepada Bagian Kesra yang sudah menggelar kegiatan sosialisasi rumah sehat dan kesadaran hukum tentang kepemilikan rumah kepada masyarakat.

Untuk itu, ia meminta agar peserta bisa menyimak dengan baik materi yang diberikan dan dapat disosialisasikan juga kepada masyarakat dan ASN lainnya.

“Bapak dan ibu yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini hendaknya melakukan sosialisasi juga di tempat tinggal kalian, maupun pada saudara dan sahabat agar mereka juga mengetahui dan mengerti,” ujar Sekda Mesir.

Menurutnya, para peserta sosialisi ini mempunyai peran untuk membantu Pemerintah Kabupateng Mamteng dalam mensosialisasikan apa yang sudah didapat.

Sementara itu, Perwakilan Bagian Kesra Amal Rabang Matasik mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana membangun rumah layak huni agar masyarakat paham termasuk tentang kepemilikan tanah. Tujuannya agar ke depannya tidak muncul masalah dan sengeketa yang berujung ke meja hukum.

“Perlu diketahui bahwa tanah di Papua Pegunungan ini masih erat kaitannya dengan hukum adat, sehingga ke depannya dapat dipisahkan mana tanah yang milik adat dan mana yang menjadi milik perorangan. Ini harus dimengerti bapa ibu sebagai pesert,” tegas Amal.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti masyarakat dan ASN di lingkungan Pemkab Mamberamo Tengah. (Reis Masella/Humas Pemkab Mamteng)

Facebook Comments Box