Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua Suzana Wanggai menandatangani berita acara usai melantik Ketua dan Pengurus LP3KD Provinsi Papua, Rabu, 9 Agustus 2023.

JAYAPURA (PB.COM)Kepala Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Papua, Elpius Hugi, S.Pd,MA resmi dilantik menjadi Ketua Badan Pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) Provinsi Papua periode 2023-2028.

Elpius dan 73 jajaran pengurus lainnya dilantik oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Suzana Wanggai, S.Pd, MSoc.Sc mewakili Plh. Gubernur Papua, Rabu, 9 Agustus 2023 di Lantai 9 Kantor Gubernur Papua.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Papua, kami menyampaikan selamat atas dilantiknya Badan Pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) Provinsi Papua periode 2023-2028,” kata Suzana Wanggai.

Menurutnya, pelantikan Badan Pengurus LP3KD Papua hendaknya menjadi momentum untuk membangun kepengurusan yang solid dan mempersiapkan diri lebih matang dalam menyukseskan program kerja ke depan, terutama menghadapi Pesparani Nasional III pada Oktober mendatang di Jakarta.

“Mekanisme koordinasi antarbidang dan dengan pengurus tingkat kabupaten/kota di Provinsi Papua harus segera dilakukan. Harus mulai bergerak karena waktu Pesparani Nasional III di bulan Oktober sudah dekat agar mendapatkan hasil yang terbaik dan mengharumkan nama Provinsi Papua,” tutur Suzanna.

Ajak Kerja Cepat

Sementara itu Ketua LP3KD Provinsi Papua Elpius Hugi dalam sambutannya meminta seluruh jajaran pengurus untuk bekerja cepat, tidak bersantai dan bermalas-malasan. Sebab tinggal dua bulan, tepatnya Oktober 2023, Pesparani Nasional III bakal digelar di DKI Jakarta. Agenda ini diawali dengan pelaksanaan Pesparani tingkat Provinsi Papua.

Ketua LP3KD Provinsi Papua Elpius Hugi saat menandatangani berita acara pelantikan.

“Untuk itu, kita harus segera melaksanakan Rapat Kerja Daerah sebagai program utama untuk konsolidasi dengan Badan Pengurus LP3KD Kabupaten/Kota di Provinsi Papua. Saya yakin dengan kapasitas seluruh anggota badan pengurus, kerja berat ini dapat kita selesaikan bersama-sama,” kata Elpius.

Menurut pria kelahiran Saminage-Yahukimo, 9 Maret 1975 ini, sebagai pengurus baru, LP3KD tentu membutuhkan dukungan dana. Karena itu, ia memohon dengan kerendahan hati kiranya Plh. Gubernur Papua dan Tim TAPD dapat membantu lembaga yang dipimpinnya dana hibah APBD Perubahan 2023, sama seperti perhatian Pemprov terhadap lembaga Pesparawi dan MTQ.

“Proposal segera akan kami sampaikan kepada Bapak Plh Gubernur Papua. Dalam kesempatan ini. Kami juga memohon kesediaan Plh. Gubernur Papua untuk dapat menjadi Ketua Kontingen Pesparani Provinsi Papua yang akan bertanding di Jakarta bulan Oktober nanti,” tutur Elpius.

Tentang Pesparani

Pesparani adalah Pesta Paduan Suara Gerejani dalam Gereja Katolik. Pesparani  bernaung di bawah Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Nasional (LP3KN) yang bernaung di Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama Republik Indonesia.

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal secara resmi melepas Kontingen Papua yang akan mengikuti Pesparani II di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Selasa 23 Oktober 2018.

Pada awalnya, Pesparani terbentuk atas terlaksananya Pesparani Katolik di Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku. Saat itu, masyarakat Katolik di sana mengusul untuk membentuk sebuah lembaga yang meneruskan acara ini secara rutin pada tingkat nasional.

Dengan keinginan yang kuat oleh beberapa pihak, akhirnya LP3KN terbentuk melalui perwakilan Maluku yang mengingatkan tentang permintaan masyarakat Katolik kepada Direktorat Jenderal Bimas Katolik pada 5 Oktober 2015.

Sejumlah Uskup saat hadir pada Misa Pembukaan Pesparani Nasional II di Kupang, NTT.

Perparani II digelar di Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Oktober 2022. Sementara itu berdasarkan hasil Rapat Pimpinan Nasional LP3KN selama 12-4 Mei 2023 di Jakarta yang dihadiri pengurus pengurus LP3KN, LP3KD, pimpinan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) beserta Bimas Katolik Kanwil Kementerian Agama di 34 Provinsi, memutuskan bahwa pelaksanaan Pesparani III akan digelar di Jakarta pada Oktober 2023 mendatang. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box