Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana dan Wakil Bupati Kris B. Uropmabin saat foto bersama jajaran Forkopimda usai upacara apel bendera merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-78, Kamis, 17 Agustus 2023 di Halaman Kantor Bupati Pegubin.

JAYAPURA (PB.COM)Bupati Pegunungan Bintang (Pegubin) Spei Yan Bidana, ST,M.Si menjadi inspektur upacara pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di halaman Kantor Bupati Pegubin, Kamis, 17 Agustus 2023.

Upacara bendera yang berlangsung sekitar Pkl. 08.00 pagi ini dihadiri oleh 700-an peserta, terdiri dari para ASN di lingkunga Pemda Pegubin, TNI-POLRI, para siswa SD, SMP, SMA, mahasiswa Universitas Okmin Papua, tokoh adat, tokoh perempuan, dan OKP di wilayah itu.

“Tema perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini yakni Terus Melaju Untuk Indonesia Maju sangat tepat sesuai dengan visi kami sejak memimpin Pegunungan Bintang yakni Menuju Sehat, Cerdas, dan Mandiri Ekonomi Berbasis Budaya dan Tata Ruang. Dan itu sudah kita mulai di tahun kedua kepemimpinan kami dimana kita memprioritas di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan pelestarian budaya dan lingkungan,” ujar Bupati Spei kepada wartawan usai apel.

Menurut Spei Bidana, salah satu ikon baru pembangunan di Pegunungan Bintang adalah  Universtas Okmin Papua (UOP) di Oksibil yang telah hadir tepat pada momen 17 Agustus 2021 silam. Dua tahun beroperasi, walau di tengah kritik banyak pihak dan kekurangan yang ada, universitas ini mampu menunjukkan prestasi dengan mendapatkan akreditasi B pada awal Agustus 2023 untuk 5 program studi.

“Kalau mau jadi pemimpin ya membangun sesuatu dari yang tidak ada menjadi ada. Universitas ini hadir bagi masa depan anak-anak kita. Masih banyak kekurangan, belum lengkap, kita maklumi, tetapi mari kita dukung dan jangan tinggal diam. Mari buat sesuatu untuk tangkap peluang ini. Karena di dunia ini ada dua hal yang membuat ekonomi cepat maju yakni universitas dan sepak bola,” tegas Spei.

Ia mengatakan, kehadiran Universitas Okmin Papua sebenarnya dilatari oleh tingginya biaya pendidikan, dimana setiap tahun Pemda Pegunungan Bintang menyiapkan dana sekitar Rp 35 miliar untuk membiayai sekitar 3.000-an mahasiswa dan pelajar yang sedang menjalani studi di seluruh Indonesia. Dengan hadirnya kampus baru ini, Spei yakin roda ekonomi bertumbuh di Pegubin.

Sejumlah mahasiswa Universitas Okmin Papua yang hadir pada apel HUT Kemerdekaan RI

“Jadi hari ini, kita di Pegunungan Bintang punya tiga kekuatan, Sumber Daya Alam yang kaya, pemerintahan, dan universitas. Ini kalau esok semua akses dibuka, orang akan datang dari mana-mana untuk kuliah di sini dan ekonomi kita akan tumbuh. Nanti kekurangan guru juga bisa diatasi lewat Universitas Okmin. Saya sudah minta Kepala Dinas Pendidikan, tahun depan programkan 10 orang guru matematika dan 10 orang guru Bahasa Inggris,” tegasnya.

Saat ini, kata Spei, Universitas Okmin Papua memiliki dua fakultas dan lima program studi S1. Pertama, Fakultas Antropologi dan Sosial Sains yang meliputi Program Studi Antopologi dan Pendidikan Bahasa Inggris. Kedua, Fakultas Sains, Matematika dan Agroteknologi yang mencakup Program Studi Biologi, Pendidikan Matematika, dan Agroteknologi. Sampai dengan tahun kedua, jumlah mahasiswa mencapai 738 orang dengan jumlah dosen sebanyak 33 orang.

Bupati Spei Bidana saat menerima Akreditasi B untuk Universitas Okmin Papua di Dirjen Dikti, Jakarta, awal Agustus 2023 lalu.

Sementara untuk pendidikan dasar, Spei mengaku pihaknya sedang membangun secara fisik hampir di seluruh Pegunungan Bintang. Bahkan di tahun 2023 ini, ada tambahan 8 sekolah tingkat menengah yakni empat SMP dan empat SMA.

“Selain itu, kita juga sedang siapkan SDM yaitu guru dan perawat. Sejak 2021 kita sudah kirim mahasiwa ke UKSW Salatiga jadi guru dan perawat, target kita 2025 mereka wisuda dan pulang mengabdi di kampungnya masing-masing,” tutur mantan Kepala Bappeda Pegubin ini.

Perayaan HUT RI Aman

Pada kesempatan itu, Spei juga mengapresiasi keterlibatan semua pihak, terutama TNI-POLRI dan masyarakat yang tetap menjaga Kamtibmas sehingga seluruh rangkaian kegiatan menyambut HUT Kemerdekaan RI hingga acara puncak berjalan dengan aman dan kondusif.

“Saya sebagai bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada panitia, TNI-POLRI, ASN dan masyarakat yang telah bekerja keras menyukseskan rangkai HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun ini. Mari kita jaga kebersamaan dan sinergitas untuk membangun Bumin Okmin,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kris B. Uropmabin mengatakan, dirinya bersyukur karena acara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 kali ini dirayakan sangat meriah di Pegunungan Bintang dan berjalan dengan aman dan kondusif.

Bupati Spei Bidana dan Wabup Kris Uropmabin

“Dengan memperingati ulang tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini,semoga lebih dapat meningkatkan rasa cinta kepada tanah air. Mari kita jadikan momen ini terus maju, meningkatkan SDM dan daya saing, serta daya juang dalam mengisi pembangunan serta memperkokoh persatuan dan kesatuan,” kata Wabup Kris.

Hadir dalam giat Upacara 17 Agustus ini, Wakil Bupati Pegubin Kris B. Uropmabin, ST, Ketua TP PKK Ny. Susana Maria Apaseray, S.IP, Plt. Sekretaris Daerah Pegubin, Jenni Linthin, SH,M,Si, Asisten 1 Setda Pegubin, Nicolaus Uropmabin, S.IP,M.Si Kapolres Pegubin AKBP Muhammad Dafi Bastomi, Wakapolres Kompol Willy B. Ansiga, dan para pimpinan OPD di Pemda Pegubin. (Gusty Masan Raya/DBS)

Facebook Comments Box