Bupati Spei Bidana didampingi Wabup Kris Uropmbin, Kapolres Pegubin AKBP Muhammad Davi Bustomi dan Kadis Perindakop Laban Howay saat mendapatkan penjelasan dari staf barista Rumah Produksi Kopi Okmemin, Kamis, 17 Agustus 2023.

JAYAPURA (PB.COM)-Di momen HUT Kemerdekaan RI ke-78 pada Kamis, 17 Agustus 2023, Bupati Pegunungan Bintang (Pegubin) Spei Yan Bidana, ST,M.Si meresmikan Rumah Produksi Kopi Okmemin dan UKM Center di kompleks Pasar Baru, Kampung Arinkop, Distrik Kalomdol.

Acara peresmian ini dilakukan Bupati Spei Bidana didampingi Wakil Bupati Kris B. Uropmabin, ST dan Kapolres Muhammad Dafi Bastomi, Ketua TP PKK Pegubin Ny. Susana Maria Apaseray, S.IP, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Pegubin Laban Howay, S.Sos,MM, dan sejumlah pimpinan OPD, usai perayaan Upacara Apel Bendera HUT Kemerdekaan di Kantor Bupati Pegubin.

“Dengan memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, saya selaku Bupati Pegunungan Bintang dengan ini meresmikan Pusat Produksi Kopi Okmemin,” kata Bupati Spei Bidana disusul membuka kain selubung tanda diresmikannya Rumah Produksi Kopi Okmemin.

Bupati Spei kemudian memasuki ruangan dan meninjau giat produksi kopi oleh beberapa staf barista Kopi Okmekmin, terutama proses racikan biji kopi hingga menjadi sajian untuk diminum.

Dalam sambutannya, Bupati Spei Bidana menjelaskan, Rumah Kopi Okmemin ini adalah salah satu unit Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dikembangkan oleh
Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Pegunungan Bintang.

“Ini menjadi salah satu momen kebangkitan ekonomi Pegunungan Bintang. Kita punya lahan subur dan luas dan cocok bagi tanaman kopi. Wadah sudah kita buka, tinggal petani dan wiraswasta menangkap peluang ini untuk bangun kerja sama saling menguntungkan,” ujar Bupati Spei Bidana.

Menurutnya, guna meningkatkan market bagi konsumen di seluruh Pegunungan Bintang, ia meminta dinas terkait segera mendorong regulasi berupa Peraturan Daerah (Perda) agar semua tempat usaha seperti cafe, rumah makan, dan acara perkantoran wajib mengkonsumsi Kopi Okmemin.

“Jadi mohon kerja sama lintas sektor dinas terkait seperti Perindakop dan UMKM, Pertanian, Perkebunan, PTSP, Dispenda, dan Dinas Perhubungan untuk genjot market perkenalkan Kopi Okmekmin ini. Ini akan meningakatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah-Red.) kita. Kopi-kopi kemasan dari luar harus dibatasi,” ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Dalam rangka mendukung usaha ini, Spei Bidana juga meminta seluruh petani untuk aktif menanam kopi dan meningkatkan produksi panennya. Sebab kopi Arabica dari Pegunungan Bintang sangat diminati dan diburu para pencinta kopi di Papua dan Indonesia. Cita rasanya khas.

“Dan kepada seluruh masyarakat untuk perkuat ekonomi supaya ke depan bisa buat banyak rumah produksi seperti kopi hari ini. Terutama di hulu, saya minta dinas terkait harus dorong warga untuk tanam kopi. Tanah kita ini sangat cocok bagi kopi,” tegasnya politisi.

Ajak Pejabat Belanja
Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Pegubin
Laban Howay, S.Sos,MM mengatakan pihaknya berterima kasih atas dukungan dari Bupati Spei sehingga bisa menghadirkan unit usaha Rumah Produksi Kopi Okmemin ini.

“Kami minta semua SKPD wajib beli kopi di tempat ini, baik konsumsi langsung maupun oleh-oleh berbentuk kemasan,” tegasnya.

Menurut Laban, pada pekan depan, pihaknya juga berencana akan memindahkan Mama-Mama Papua yang berjualan di pinggir jalan protokol Kota Oksibil ke kompleks Pasar Baru. Tujuannya agar sentra ekonomi berjalan terpusat dan memudahkan warga berbelanja.
Pihaknyaakan memikirkan solusi terkait transportasi bagi Mama-Mama Papua yang akan mulai menempat pasar.

“Dan kami harapkan, konsumen terutama para pejabat, ASN, TNI-POLRI bisa datang belanja di Mama-Mama Papua di kompleks ini agar perputaran ekonomi berjalan lancar,” kata Laban. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box