Suasana Grand Launching Wirausaha Merdeka (WMK) Universitas Cenderawasih Tahun 2023 digelar di Gedung LPPM Universitas Cenderawasih, pada Rabu (23/08/2023).

JAYAPURA (PB.COM) – Grand Launching Wirausaha Merdeka (WMK) Universitas Cenderawasih Tahun 2023 dengan Judul Wirausaha Merdeka di Negeri Tapal Batas 2 dilaksanakan pada hari, Rabu 23 Agustus 2023 pada pukul 11.00-15.00 WIT di Gedung LPPM Universitas Cenderawasih.

Acara tersebut dilaksanakan secara luring dan daring melalui live zoom untuk memfasilitasi peserta dan pembicara dari luar Kota Jayapura.

Acara diawali dengan registrasi peserta. Acara Kemudian diikuti dengan sejumlah sambutan diantaranya dari Ketua Program Wirausaha Merdeka, Gamaliel Waney, serta Dr. Onesimus Sahuleka, sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Cenderawasih yang sekaligus membuka acara Grand Launching.

Wakil Ketua Program Wirausaha Merdeka, Remuz Kmurawak yang diwawancarai usai kegiatan mengatakan, Kegiatan ini menjadi salah satu wadah untuk mengakomodir kebutuhan mahasiswa  untuk berwiraswasta.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk dapat berwiraswasta, menciptakan ekosistem wiraswasta di wilayah Papua. Dimana mahasiswa akan memperoleh pendidikan tentang wirausaha dari pengajar dan praktisi, kemudian mahasiswa akan ditempatkan di UKM, untuk belajar secara langsung, dan akan melakukan expo, terkait dengan produk yang akan dibuat,” terang Remuz.

Remuz Kmurawak menambahkan, Dalam Grand Launching juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman alias Memorandum of Undestanding (MoU) tentang kerjasama antara Uncen dengan beberapa Perguruan tinggi mitra, terkait dengan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi.

LAnjut dia, Sebagai salah satu kegiatan Flagship dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka,  program WMK ini diharapkan dapat berkolaborasi dengan  semua stakeholder untuk memperkenalkan dan  menciptakan entrepeneur baru di Papua.

Kegiatan ini diikuti oleh 192 mahasiswa dari 10 Perguruan Tinggi yang tersebar di Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Bali serta Papua, selama satu semester yang nantinya akan direkognisi SKS untuk  mata kuliah yang relevan.

Mahasiswa akan berproses bersama melalui  Fase preparation, dimana mahasiswa akan dibekali dengan materi terkait dengan  entrepeneurship.

“Selanjutnya mahasiswa akan ditempatkan di UMKM untuk belajar secara langsung melalui fase onboarding, dan pada bagaian akhir mahasiswa akan menampilkan produknya dalam expo yang akan diselenggarakan pada akhir tahun 2023,” pungkas Remuz Kmurawak.

Sebelumnya turut hadir dalam acara pembukaan Grand Launching WMK antara lain, Rektor Universitas Ottow Geissler Dr. Jerry Sawai, M.Si, Ketua STIE Port Numbay Dr. Jhon Agustinus,S.E., M.M., Ketua 1 STBS SWADIRI Donald Abraham Basary, SE, MBA, Ketua STKIP PGRI Papua Drs. Orgenes Runtuboi, M.Si., Rektor Universitas  Amal Ilmiah Yapis Wamena  Dr. H. Rudihartono Ismail, M.Pd, CRA.CRP, Dekan Sejumlah Fakultas di Lingkungan Uncen, Dosen Pendamping lapangan, mentor UMKM serta mahasiswa dari Universitas Cenderawasih dan Universitas dari Perguruan Tinggi Mitra. (Adm)

Facebook Comments Box