Kepala Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Papua Elpius Hugi, S.Pd,M.A bersama Plh. Gubernur Papua, Dr. M. Ridwan Rumasukun, SE.,MM.

JAKARTA (PB.COM)—Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah memilih Sekretaris daerah (Sekda) Provinsi Papua yang juga Pelaksana Harian (Plh.) Gubernur Papua, Dr. M. Ridwan Rumasukun, SE.,MM untuk menduduki jabatan sebagai Penjabat Gubernur Provinsi Papua.

Rencananya, Ridwan akan dilantik pada Selasa, 5 September 2023 di Jakarta bersama 9 penjabat gubernur lain di Indonesia, yakni Bey T. Machmuddin menjadi Penjabat Gubernur Jawa Barat, Nana Sudjana (Jawa Tengah), Hassanudin (Sumatera Utara), Sang Made Mahendra Jaya (Bali), Ayodhia Kalake (Nusa Tenggara Timur), Lalu Gita Ariadi (Nusa Tenggara Barat), Harrison Azroi (Kalimantan Barat), Andap Budhi Revianto (Sulawesi Tenggara), dan Bachtiar Baharuddin (Sulawesi Selatan).

Terpilihnya Ridwan Rumasukun menjadi Penjabat Gubernur Papua mendapat apresiasi dari Kepala Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Papua Elpius Hugi, S.Pd,M.A.

Dalam keterangannya, Senin, 4 September 2023, Elpius Hugi menilai Ridwan adalah sosok yang tepat bagi Provinsi Papua. Sebab selain karir dan kepangkatannya telah memenuhi syarat, ia juga dinilai berhasil menjalankan tugasnya selama ini sebagai Plh. Gubernur Papua.

“Kepemimpinan Plh. Gubernur Papua Ridwan Rumasukun kami nilai telah berhasil menjalankan sisa masa Jabatan Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe,SIP,MH dan Bapak (Alm) Klemen Tinal,SE,MM,” tegas Elpius Hugi.

Menurut putra Yahukimo ini, Ridwan juga sudah terbukti melakukan berbagai konsolidasi di tingkat birokrasi dan menjalankan roda pemerintahan Provinsi Papua pasca Bapak Lukas Enembe dan Bapak (alm.) Klemen Tinal dengan baik.

“Oleh karena itu, terpilih dan dilantiknya beliau esok tentu kami sangat dukung dan apresiasi tinggi. Sekali lagi, proficiat kepada Bapak Ridwa Rumasukun atas kepercayaan Presiden Jokowi melalui Menteri Dalam Negeri untuk jabatan baru sebagai Penjabat Gubernur Provinsi Papua,” tegas Elpius.

Ia berharap, dengan ditunjuknya Ridwan Rumasukun sebagai Penjabat Gubernur Papua, semua Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Papua tetap konsentrasi pada tugas dan pelayanan kepada seluruh rakyat Papua. Terutama, dalam mendukung pelaksanaan Pemilu serentak Tahun 2024 di Provinsi Papua.

“Pada kesempatan ini, saya mengajak kepada seluruh rakyat Papua untuk mendukung Penjabat Gubernur Papua dalam melaksakan tugas dan tanggung jawab di Provinsi Papua,” tutupnya.

Untuk diketahui, Penjabat Gubernur Ridwan Rumasukun akan dilantik menggantikan Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP,MH yang berakhir masa jabatannya pada 5 September 2023. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box