Eremen Yogosam, Ketua Forum Kewaspadaan Kabupaten Mamberamo Tengah.

JAYAPURA (PB.COM)Ketua Forum Kewaspadaan Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) Provinsi Papua Pegunungan, Eremen Yogosam meminta semua elemen masyarakat di wilayah itu untuk mendukung penuh DPRD Mamteng dalam hal pengajuan Calon Penjabat Bupati.

“Saya atas nama Ketua Forum Kewaspadaan Kabupaten Mamberamo dari 5 distrik dan 59 kampung meminta masyarakat untuk mendukung DPRD dalam mengajukan Calon Penjabat Bupati sesuai dengan surat edaran Mendagri tanggal 21 Juni 2023,” ujar Eremen Yogosam kepada media ini di Jayapura, Rabu, 6 September 2023.

Menurut Eremen, terdapat tiga nama yang diusulkan DPRD Mamberamo Tengah yakni Mesir Jikwa, Manogar Sirait dan Amar Pagawak. Baginya, ketiga sosok ini adalah figur terbaik ASN Mamberamo Tengah yang sudah memenuhi syarat untuk diusulkan oleh DPRD kepada Kementerian Dalam Negeri sebagai Calon Penjabat Bupati.

“Apalagi DPRD merupakan perwakilan masyarakat dari 5 distrik dan 59 kampung di Mamberamo Tengah,” ucapnya.

Dia menjelaskan, usulan Penjabat Bupati dari DPRD adalah sah dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Oleh karena itu, jika DPRD sudah mengusulkan tiga nama calon Penjabat Bupati, maka jangan ada pihak-pihak yang mengatasnamakan Barisan Merah Putih maupun lembaga lain atau masyarakat lima distrik untuk meminta agar calon penjabat bupati yang mereka usung bisa disetujui oleh Mendagri

“Saling klaim dalam mendukung calon bupati tertentu, justru dapat membuat masyarakat Mamberamo Tengah terkotak-kotak dan memperkeruh suasana yang selama ini dikenal kondusif,” tegasnya.

Eremen menambahkan, aturan secara jelas sudah mengatur bahwa DPRD Mamteng-lah lembaga berwenang dan sah untuk mengusulkan calon Penjabat Bupati. Untuk itu, dia meminta seluruh elemen masyarakat Mamteng agar tetap tenang menunggu Mendagri menentukan Calon Penjabat Bupati Mamteng.

“Tugas kita adalah menjaga keamanan di 5 distrik agar tetap kondusif. Sambil menunggu Calon Penjabat Bupati yang dipilih oleh Mendagri. Siapa yang terpilih, dialah yang dinilai tepat untuk menjalankan tugas memimpin Kabupaten Mamberamo Tengah sampai nanti ada bupati defenitif yang terpilih pada Pilkada tahun 2024 mendatang,” tutupnya. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box