Mahendra Yudha dari PLN UP3 Makassar saat memberikan pelatihan kepada para peserta operator.

KOBAKMA (PB.COM)-Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Mamberamo Tengah bekerja sama dengan PT. PLN Persero Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Wamena menggelar pembelajaran manajemen operasi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Kobakma, Kabupaten Mamberamo Tengah Provinsi Papua Pegunungan.

Kegiatan yang dimulai sejak 4-11 September 2023 dibuka secara resmi oleh Kepala Inspektorat Edwin Karundeng mewakili Plt. Bupati Mamberamo Tengah.

Adapun pemateri pembelajaran ini berasal dari PLN UP3 Makassar, PLN UP3 Jakarta dan PLN UP3 Wamena.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Mamberamo Tengah Tor Terianus Andatu menyampaikan terima kasih kepada pemateri dari PLN UP3 Wamena dan PLN UP3 Makassar yang sudah memberikan pelatihan.

“Saya berharap dengan pelatihan ini, bisa membantu anak-anak dalam mengoperasikan dua mesin PLTD sehingga apa yang menjadi target lampu dapat menyala 24 jam,” ujar Terianus.

Sementara itu, Asisten Manajer Keuangan dan Umum PLN UP3 Wamena Catur Reza Maharani mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi tenaga operator Dinas Perumahan Pemda Mamberamo Tengah.

Menurut Catur, jika para operator yang dilatih sudah menguasai apa yang sudah diberikan dalam pelatihani ini, maka mereka dapat mengoperasikan mesin PLTD sesuai dengan standar PLN.

“Dengan adanya peningkatan kapasitas tenaga operator di sini, maka mereka dapat mengoperasikan mesin ketika listrik nantinya dapat menyala 24 jam,” tegas Catur.

Kegiatan pelatihan ini diikuti dua belas operator dari Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Mamberamo. (Reis Masella/Humas Pemkab Mamteng)

Facebook Comments Box