Kepala Perwakilan BKKBN Papua, Drs. Nerius Auparai, M.Si saat memberikan keterangan kepada wartawan di sela-sela giat Forum Koordinasi Jurnalis, Selasa, 12 September 2023.

JAYAPURA (PB.COM)-Kepala Perwakilan BKKBN Papua, Drs. Nerius Auparai, M.Si mengajak para kepala daerah di Papua, baik di Provinsi Papua maupun 3 DOB yakni Provinsi Papua Pegunungan, Papua Selatan dan Papua Tengah, untuk bisa belajar dari Kabupaten Tolikara dan mengadopsi program unggulan dalam mencegah dan mengatasi kasus stunting.

Kabupaten Tolikara memiliki dua program unggulan yakni 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang dimulai sejak 2014 dan Sarapan Sehat Anak Sekolah (SARASEHANS) yang dimulai tahun 2023. Kedua program ini dinilai Nerius sebagai kebijakan yang populis dan tepat untuk menurunkan angka prevalensi stunting di wilayah itu.

Kepala Perwakilan BKKBN Papua Nerius Auparai didampingi Penjabat Bupati Tolikara Marthen Kogoya, SH,M.AP saat menggendong salah seorang bayi di Rumah Gizi di Karubaga, Kabupaten Tolikara.

“Kali lalu saya sempat berkunjung ke Tolikara. Mereka memiliki Rumah Gizi tempat para ibu hamil dan ibu menyusui bawa anaknya diberi makan di sana. Selain itu, anak-anak PAUD dan anak SD diberi makan setiap hari. Ini luar biasa dan saya harap para kepala daerah lain bisa mengikuti program seperti ini,” kata Nerius Auparai kepada jurnalis di sela-sela giat Forum Koordinasi Jurnalis Tahun 2023, Selasa, 12 September 2023 di salah satu hotel di Kota Jayapura.

Menurut Nerius, program pemberian makanan bergizi dan pelayanan kesehatan secara berkala bagi ibu dan anak melalui 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) di Kabupaten Tolikara sangat berguna dalam penanggulangan stunting di Papua yang tinggi. Sebab sebenarnya anggaran di Papua sangat besar, sementara alam Papua pun kaya. Tinggal inovasi dari para kepala daerah.

“Dari semua kabupaten di Papua yang saya kunjungi, baru di Tolikara yang lakukan seperti ini. Kalau Tolikara bisa, saya yakin kabupaten lain juga bisa,” tegasnya.

Pada giat Forum Koordinasi Jurnalis Tahun 2023, Nerius juga mengajak para jurnalis di Papua untuk bisa membangun kepedulian tentang isu stunting dalam pemberitaan di setiap medianya.

Para jurnalis yang hadir dalam kegiatan Forum Koordinasi Jurnalis.

Giat ini diikuti puluhan jurnalis dengan menghadirkan sejumlah pemateri yang mengangkat tema seputar stunting dan penulisan isu ini di media massa. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box