Para mashasiswa-mahasiswi dan pelajar asal Distrik Eipumek yang tergabung dalam IMPDE foto bersama saat kegiatan seminar dan perkenalan mahasiswa baru, Kamis, 14 September 2023.

JAYAPURA (PB.COM)Ikatan Mahasiswa Pelajar Distrik Eipumek (IMPDE), Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan menggelar seminar dan perkenalan mahasiswa baru (maba) di salah satu hotel di Kota Sentani.

Giat ini diikuti oleh puluhaan mahasiswa-mahasiswi yang sedang menjalani studi di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Keerom.

Hadir dalam kegiatan ini, beberapa intelektual senior asal Distrik Eipumek yakni Emaus Tengket, S.Pd, Gutinus Mirin S.Pd, Yehuda Maling S.Pd, dan Panuel Salawala SE.

Para mahasiswa-masiswi baru dari Distrik Eipumek.

Ketua Panitia Seminar dan Perkenalan Maba IMPDE Kota Studi Jayapura Mares Deal mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai ajang untuk pengenalan 23 mahasiswa baru IMPDE di tahun akademik 2023 ini.

“Untuk mengisi kegiatan ini, kami juga menggelar seminar dengan empat pemateri guna meningkatkan kualitas kemampuan mahasiswa dan membentuk karakter kepemimpinan dalam organisasi. Kami ucapkan terima kasih kepada para senior yang hadir dan semua yang berkontribusi menyukseskan Maba IMPDE Ke-I tahun 2023 ini,” kata Mares.

Ketua Ikatan Mahasiswa-Mahasiswi dan Pelajar Distrik Eipumek (IMPDE) Kota Studi Jayapura Benoit Ason Mirin mengatakan, pihaknya bersyukur karena tradisi pengenalan Maba di organisasi yang dipimpinnya digelar kembali setelah empat tahun lamanya yaitu sejak 2018-2022 vakum alias tidak dilaksanakan.

“Saya bersyukur kepada Tuhan atas penyertaan-Nya dan terima kasih kepada Panitia Seminar dan Perkenalan Maba ini. Harapan kami, pemerintahan kampung dan pemerintahan Distrik Eipumek tidak lepaskan kami. Kami sangat harapkan dukungan untuk menyukseskan kegiatan seperti ini di agenda berikutnya. Kami siap bersama-sama pemerintah membangun Distrik Eipumek yang kita cintai,” ujarnya.

Harus Tekun Belajar

Sementara itu, dalam acara penutupan kegiatan seminar dan perkenalan mahasiswa baru ini, salah satu senior IMPDE Panuel Salawala, SE yang tampil sebagai pemateri, meminta kepada seluruh mahasiswa-mahasiswi dan pelajar asal Distrik Eipumek harus tekun belajar agar bisa meraih cita-cita dan memenuhi harapan orang tua yang telah mengirimnya datang dari kampung.

Panuel Salawala, SE sedang memberikan materi kepada mahasiswa-mahasiswi baru.

“Selamat datang, selamat belajar di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Keerom bagi adik-adik mahasiwa baru. Belajarlah beradaptasi dengan lingkungan dan fokuslah pada studi dan kuliah. Sebab kalian adalah generasi penerus dan pemegang tongkat estafet kepemimpinan di dari Distrik Eipumek,” ujar Panuel.

Menurut Panuel, di saat dirinya masih kuliah di Jayapura, kegiatan seperti ini adalah agenda rutin setiap tahun. Hanya saja, akibat kendala Covid dan beberapa kendala lain, sejak 2018-2022, giat ini terhenti.

“Kami juga berharap ke depannya, Kepala Distrik Eipumek atau Anggota DPRD Perwakilan Distrik Eipumek bisa hadir dalam kegiatan-kegiatan mahasiswa seperti ini. Sebab adik-adik kita ini adalah generasi penerus Distrik Eipumek. Kami juga mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Pegununangan Bintang untuk bisa membangun Asrama Distrik Eipumek supaya mahasiswa dan pelajar bisa tinggal di tempat yang layak,” tegasnya. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box