Suasana pembukaan turnamen ini telah digelar pada Rabu, 20 September 2023 di Lapangan Futsal Narema di Jalan Kurima, Kota Dekai.

JAYAPURA (PB.COM)—Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Lahir Besar Wamena (HI-LABEWA) Kabupatn Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, menggelar turnamen futsal putra-putri di Dekai.

Giat bertajuk Tournament Futsal LABEWA CUP Kabupaten Yahukimo Tahun 2023  dengan melibatkan peserta hanya kalangan internal yakni para pengurus dan anggota BPC HI-LABEWA Yahukimo ini, digelar sebagai ajang silahturami, saling mengenal satu sama lain, dan mempererat tali persaudaraan dan kekeluargaan di antara mereka.

“Turnamen ini diikuti oleh 10 tim futsal, masing-masing 5 tim putra dan 5 tim putri. Tapi kita pakai batasan umur. Mulai dari tim kategori usia 17-25 tahun, kategori 26-30 tahun, kategori 31-35 tahun, kategori 36-40 tahun, dan kategori 41 tahun plus. Masing-masing kategori usia putra dan putri itu hanya 1 tim, jadi total ada 10 tim yang ikut,” kata Koordinator Bidang Olahraga dan Seni Budaya BPC HI-LABEWA Yahukimo George Fenanlaber, Jumat, 22 September 2023.

Para Pembina HI-LABEWA Yahukimo bersiap melakukan tendang bola perdana si acara pembukaan turnamen.

Menurut George, pembukaan turnamen ini telah digelar pada Rabu, 20 September 2023 di Lapangan Futsal Narema di Jalan Kurima, Kota Dekai. Giat ini dibuka secara resmi oleh Asisten II Setda Yahukimo Bongga Sumule, SKM,M.Kes yang juga Pembina BPC HI-LABEWA Yahukimo.

“Pada seremoni pembukaan, semua Pembina HI-LABEWA Yahukimo kita undang untuk melakukan tendangan bola pertama. Mulai dari Bongga Sumule, Nasyun Manuaron, Dorce Loho, Isak Yembise, Yunus Boerdam, dan Yulius Paulus. Pertandingan ini hanya digelar setiap Rabu. Sebab Rabu sudah tetapkan sebagai hari olahraga Labewa,” tutur George.

Pererat Tali Persaudaraan

Berdasarkan data yang diterima papuabangkit.com, dalam pertandingan perdana turnamen futsal ini, 8 tim saling bertemu mengawali laga perdana. Hasilnya, tim putri kategori 26-30 tahun meraih kemenangan atas tim kategori 31-35 putri dengan skor 8-2. Tim putra kategori 26-30 tahun juga menang atas kategori 31-35 tahun dengan skor 8-5.

Sementara pada pertandingan ketiga, tim futsal kategori 36-40 tahun sukses mengalahkan tim kategori usia 41 tahun plus dengan skor 5-0. Di pertandingan terakhir di hari itu, tim kategori 36-40 tahun putra hanya mampu berbagi skor 2-2 dengan tim kategori usia 41 tahun plus.

Tendangan bola pertama oleh Nasyun Manuaron selaku pembina dan orang tua perintis.

“Kami baru saja dilantik tanggal 2 September 2023. Banyak anggota tapi di antara mungkin ada yang belum saling mengenal. Inilah momennya. Lewat turnamen futsal ini, selain untuk olahraga demi menjaga kebugaran tubuh, tapi juga ajang untuk kami bisa saling menyapa, mengenal satu sama lain, dan memupuk kekompakan,” kata salah seorang pengurus HI-LABEWA Yahukimo, Willy.

Sementara itu, sekretaris HI-LABEWA Kabupten Yahukimo Rini Patiung saat pembukaan turnamen Futsal itu mengatakan, turnamen ini merupakan giat kedua organisasi kemasyarakat itu usai mereka dilantik pada 2 September 2023 lalu.

Penyerahan piala bergilir dari Viktor Kasse kepada Bongga Sumule selaku pembina HI-LABEWA Yahukimo, yang selanjutnya diserahkan kepada Sekretaris HI-LABEWA Yahukimo Rini Patiung untuk diperebutkan dalam turnamen itu.

“Pelaksanaan turnamen Futsal ini hanya diikuti oleh peserta internal lima kategori usia putra dan putri. Harapan kami dengan adanya kegiatan ini bisa mempererat tali silahturahmi antara anak-anak Labewa yang ada di Yahukimo,” kata Rini mengutip chanel Youtube Olemah Channel.

 Sekedar diketahui, pengurus BPC HI-LABEWA Yahukimo baru saja dilantik oleh Ketua Umum Hi-Labewa, Semuel Pigai, S.IP pada 2 September 2023 di Dekai. Adapum ketua terpilih yang dipercayakan menahkodai BPC HI-LABNEWA Yahukimo yakni Septinus Amalek J. Mnsen dengan sekretaris Rini Patiung. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box