Sekretaris Daerah Mamteng Mesir Jikwa, S.AP saat membuka kegiatan Kick Off Mamberamo Tengah Bermartabat di Aula Dinkes, Jumat, 29 September 2023.

KOBAKMA (PB.COM)Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng), Provinsi Papua Pegunungan, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat menggelar kegiatan Kick Off Mamberamo Tengah bermartabat di Aula Dinkes di Kobakma, ibukota Mamteng, Senin, 2 Oktober 2023.

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Mamteng Mesir Jikwa, S.AP dengan menghadirkan perwakilan UNICEF.

Sekda Mesir Jikwa dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada semua peserta yang hadir, sebab memiliki tujuan yang sama agar masyarakat sehat dan cerdas yang nantinya berdampak pada kesejahteraan masyarakat Mamberamo Tengah.

Mesir Jikwa juga meminta agar semua pihak bergandengan tangan dan bekerja sama untuk mewujudkan tujuan yang sudah ditetapkan.

“Mari kita semua bergandengan tangan untuk bersama-sama mewujudkan apa yang menjadi tujuan,” ujarnya.

Kepala Bidang Yankes Dinas Kesehatan Helda Wali mengatakan, kegiatan kick off ini bertujuan untuk melihat sejauh mana komitmen dari kepala daerah dan juga seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Mamteng dalam penanganan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) guna meningkatkan pola hidup bersih dan sehat masyarakat.

“Dalam penangan stop buang besar sembarangan, memamg butuh komitmen dari kepala daerah dan juga OPD-OPD. Ini yang mau dilihat dari kegiatan ini,” kata Helda.

Menurut Helda Wali, penanganan SBS di Kabupaten Mamberamo Tengah sudah dimulai sejak 2018, dimana Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Bappeda bekerja sama dengan UNICEF perwakilan Papua.

Dari lima puluh sembilan kampung di lima distrik, sedikitnya di 42 kampung telah dilakukan pemicuan. Dari jumlah itu, 20 kampung telah mendeklarasikan stop buang air besar sembarangan.

“Rencananya tahun ini enam belas kampung lainnya akan melakukan hal yang sama. Enam belas kampung sudah siap untuk mendeklarasikan gerakan stop buang air besar sembarangan,” tegasnya. (Reis Masella/Humas Pemkab Mamteng)

 

Facebook Comments Box