Masyarakat saat mendaftarkan diri sebelum berobat dan operasi katarak di RSUD Lukas Enembe., Kobakma.

KOBAKMA (PB.COM)—Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Mamberamo Tengah (Mamteng), Provinsi Papua Tengah bekerja sama dengan ICRC, PMI Indonesia dan Rumah Sakit Dian Harapan menggelar operasi katarak dan pembagian kaca mata gratis.

Operasi katarak dan pembagian kaca mata gratis dibuka secara resmi dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Mamteng, Mesir Jikwa, S.AP di RSUD Lukas Enembe, Senin, 9 Oktober 2023.

Sekda Mesir Jikwa mengatakan, pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada PMI Mamteng yang bekerja sama dengan Rumah Sakit Dian Harapan dan RSUD Lukas Enembe sehingga bisa menggelar kegiatan operasi mata katarak dan pembagian kaca mata secara gratis.

Sekda Mamberamo Tengah Mesir Jikwa saat membuka kegiatan operasi katarak secara resmi di RSUD Lukas Enembe, Kobakma.

“Jumlah kaca mata yang dibagikan kepada masyarakat secara gratis, tentu setelah mereka diperiksa berjumlah 200 kaca mata,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat menolong masyarakat yang ingin berobat dan operasi mata katarak. Namun selama ini mereka tidak memiliki biaya.

“Saya minta masyarakat yang menderita mata katarak agar datang langsung ke RSUD Lukas Enembe untuk berobat dan operasi,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Sekda Mesir menyampaikan terima kasih kepada PMI Pusat, ICRC dan RS Dian Harapan yang melakukan kegiatan ini hingga menjangkau Kabupaten Mamteng.

“Kami menyampaikan terim akasih kepada Bapak Jusuf Kalla sebagai Ketua Umum PMI yang sudah merespon kebutuhan kami sehingga pengobatan dilaksanakan di Kabupaten Mamberamo Tengah,” ucapnya.

Sementara itu, dokter Wakil Ketua Bidang Pelayanan Kslesehatan dan Sosial PMI Pusat Dokter Wekadigunawa mengatakan, operasi katarak yang dilakukan ini bentuk tanggu jawab sebagai perpanjang tangan pemerintah dalam melayani masyarakat.

“Untuk sampai di Kabupaten Mamberamo Tengah cukup melelahkan, namun kami bersyukur bisa sampai di sini untuk melakukan operasi mata katarak. Ini merupakan bentuk tanggungjawab kami dan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Menurut Wekadigunawa, di daerah-daerah termasuk Kabupaten Mamberamo Tengah jumlah penderita mata katarak cukup banyak. Untuk itu, dia berharap masyarakat Mamberamo Tengah dapat memanfaatkan pengobatan mata katarak secara gratis.

“Mari bapak, ibu yang menderita mata katarak datang langsung ke RSUD Lukas Enembe untuk berobat dan operasi. Sebab ini semuanya gratis. Rencananya kita layani sampai esok, Jumat, 14 Oktober 2023.” tutupnya. (Reis Masella/Humas Pemkab Mamteng)

Facebook Comments Box