Uskup Jayapura, Mgr. Yanuarius Theofilus Matopai You, Pr saat dijemput dan diarak menuju Paroki KSK Nabire saat kunjungan pastoral, Jumat, 20 Oktober 2023.

NABIRE (PB.COM)—Uskup Jayapura, Mgr. Yanuarius Theofilus Matopai You, Pr melakukan kunjungan pastoral ke Nabire, Jumat, 20 Oktober 2023 di Dekenat Teluk Cenderawasih, Keuskupan Timika, Provinsi Papua Tengah.

Putra asli Papua yang menjadi uskup pertama di Tanah Papua sejak 2 Februari 2023 ini dijadwalkan akan hadir dalam Rekoleksi dan Seminar yang digelar Komisi Kerasulan Awam (Kerawam) Katolik Dekenat Teluk Cenderawasih, Keuskupan Timika, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Selanjutnya pada Minggu, 22 Oktober 2023, Uskup Yan You akan memberi Sakramen Krisma bagi 182 anak dan remaja dari 4 paroki yang digelar dalam Perayaan Ekaristi di Gereja Katolik Kristus Sahabat Kita (KSK) Bukit Meriam, Nabire. Selain KSK, 3 paroki lain ialah Paroki Kristus Raja Malompo, Paroki St. Antonius Padua Bumi Wonorejo, dan Paroki St. Yosef Nabire Barat.

Kedatangan Uskup Yan You pada Jumat, 19 Oktober 2023 bersama-sama dengan tokoh Kerawam Katolik Keuskupan Jayapura, drg. Aloysius Giyai, M.Kes. Keduanya dan rombongan tiba di Bandara Douw Aturure Nabire sekitar Pkl. 11.00 WIT disambut ratusan umat Katolik setempat.

Turut menyambut, Pastor Dekan Dekenat Teluk Cenderawasih sekaligus Pastor Paroki KSK Bukit Meriam Nabire, Rm. Yohanes Agus, SJ, Pastor Paroki Santo Antonius Bumi Wonorejo, P. Yuvensius Tekege, Pr, Ketua Pesparani Papua Tengah drs. FX Mote, M.Si, Ketua Panitia dan Ketua Dewan Pastoral Paroki Herman Kayame, dan Ketua Panitia Rekoleksi dan Seminar Kerawam Marselus Gobay.

Uskup Yan didampingi Aloysius kemudian diarak menuju Paroki KSK Nabire oleh ratusan umat, diiringi tarian ala suku Mee.

“Saya sangat senang bisa kembali ke Nabire, terutama di Paroki KSK. Saya datang melunasi utang janji saya. Karena saya ditahbisakna jadi Pastor di Paroki ini. KSK pasti ada di hati saya dalam hidup. Bersama dengan pater Paul CICM, sekarang saya merasa bahwa saya sudah tua. Lihat anak-anak saya yang saya didik mereka, mereka pun sudah tua dan sudah botak. Ada Herman Kayame. Juga ada FX Mote, anak binaan saya dari Mudika,” kata Uskup Yan di Aula St Yuuf saat berdialog singkat di hadapan ratusan umat.

Uskup Yan ditahbiskan menjadi imam projo Keuskupan Jayapura pada 16 Juni 1991 oleh Uskup Jayapura, Mgr. Herman Munninghoff, OFM di Paroki KSK Nabire. Putra dari pasangan Lukas You dan Rosalina Tatogo ini lahir di Kampung Uwebutu, Kabupaten Paniai, 1 Januari 1969.

Pada kesempatan itu, di sela-sela sambutannya, Uskup Yan juga berdialog singkat dengan puluhan anak dan remaja di Paroki KSK Nabire.

“Siapa yang mau jadi pastor? Siapa yang mau jadi suster? Kalau esok-esok kalian jadi pastor, siapa tahu bisa jadi uskup seperti saya. Jalan hidup dan rahasia Tuhan siapa yang tahu, iya kan,” kata Uskup Yan disambut tepuk tangan meriah.

Sementara itu, Ketua Dewan Pastoral Paroki Herman Kayame menyampaikan terima kasih kepada Uskup Yan You yang sudah bersedia hadir untuk memberikan Krisma bagi ratusan anak di Paroki KSK.

“Terima kasih juga atas kunjungan singkat ke Paroki KSK. Kami yakin ini menjadi motivasi iman bagi kami umat paroki di sini, terutama bagi anak-anak,” kata Herman. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box